Wilayah NTT Dilanda Kekeringan Ekstrim, Warga Diminta Hemat Air
Krisis Air Minum Bersih di NTT Akibat Kemarau Panjang - Foto: InaKoran

KUPANG, dawainusa.com – Sebanyak 10 kabupaten dan satu kota di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dilanda kekeringan ekstrim.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Stasiun Klimatologi Kupang Rahmattulloh Adji di Kupang pada Jumat (23/7.

Baca juga: Daftar Taman Wisata Alam yang Masih Dibuka, Salah Satunya TWA Ruteng-NTT

Adapun 11 wilayah yang dimaksudkan itu ialah Kabupaten Kupang, Belu, Sikka, Flores Timur, Lembata, Ngada, Sumba Timur, Manggarai Timur, Rote Ndao, Sabu Raijua dan Kota Kupang.

“10 kabupaten dan satu kota ini, mengalami hari tanpa hujan dengan kategori ekstrem panjang atau sudah lebih dari 60 hari tidak mengalami hujan,” kata Adji.

NTT Masuk Zona Musim Kemarau, Perlu Waspada Atas Ancaman Kekeringan Ekstrim

Lebih lanjut Adji menjelaskan, berdasarkan monitoring awal pada 20 Juli 2021, saat ini, wilayah NTT sudah memasuki zona musim kemarau.

Oleh karena itu, setiap warga diminta untuk tingkatkan kewaspadaan terkait dengan ancaman kekeringan ekstrim.

Baca juga: Update Covid-19 di NTT, Manggarai Timur Jadi Penyumbang Kasus Terbanyak

Sebagai bagian dari kewaspadaan tersebut, pihaknya memberikan sejumlah rekomendasi di antaranya ialah lakukan pembudidayaan tanaman yang tidak membutuhkan banyak air.

Selain itu, perlu juga diwaspadai terkait ancaman kebakaran hutan, lahan, dan semak. “Termasuk juga hemat penggunaan air bersih,” tutur Adji.

Rincian Wilayah yang Alami Kekeringan Ekstrim

Adji sendiri memberikan rincian terkait dengan sejumlah wilayah di NTT yang alami kekeringan ekstrim. Ia mengatakan, di Kabupaten Kupang, wilayah yang mengalami kekeringan ekstrem terjadi di sekitar Amabi Oefeto Timur, Kupang Barat, Semau, Semau Selatan dan Taebenu.

Kemudian, di wilayah Kabupaten Belu, hanya ada di wilayah Atambua Selatan. Selanjutnya, Kabupaten Sikka di sekitar Alok, Alok Timur, Bola, Doreng, Hewokloang, Mapitara, Talibura, Waiblama dan Waigete.

Baca juga: Kasus Covid-19 Naik, Pemerintah Pusat Diminta Kirimkan Tambahan Vaksin ke NTT

Sementara itu di Kabupaten Flores Timur ada di wilayah Adonara Barat, Adonara Tengah, Adonara Timur, Wotan Ulumando dan Wulanggitang. Kabupaten Lembata di wilayah Atadei, Buyasuri, Nagawutung, Omesuri dan Wulandoni.

Untuk Kabupaten Ngada, hanya ada di wilayah Aimere. Kemudian, Kabupaten Sumba Timur di sekitar Haharu, Kahunga Eti, Kambata Mapambuhang, Kanatang, Katala Hamu Lingu Kota Waingapu, Lewa, Lewa Tidahu, Matawai La Pawu, Nggaha Ori Angu, Kawangu, Pahunga Lodu, Pandawai, Rindi, Umalulu dan Wulla Waijelu.

Untuk Kabupaten Manggarai Timur, ada di wilayah Kota Komba. Selanjutnya, Kabupaten Rote Ndao di wilayah Ndao, Nuse, Rote Barat, Rote Barat Daya dan Rote Barat Laut.

Kabupaten Sabu Raijua di wilayah Hawu Mehara, Raijua, Sabu Barat, Sabu Liae dan Sabu Timur. Kota Kupang di sekitar wilayah Alak, Kota Raja, Oebobo dan Kota Lama.*