Warna Baru Seragam Satpam 2022, Tidak Lagi Mirip Polisi

Warna Baru Seragam Satpam 2022, Tidak Lagi Mirip Polisi

Dawainusa.com – Warna baru seragam Satuan Pengamanan (Satpam) resmi diumumkan oleh Korbinmas Baharkam Polri pada upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-41 Satpam, di Lapangan Bhayangkara Polri, Jakarta, Rabu (2/2).

Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan mengatakan pada upacara HUT Satpam kali ini diperlihatkan warna baru seragam satpam 2022, yakni krem.

“Hari ini dikenalkan (seragam baru),” jelas Brigjen Ramadhan kepada awak media.

Baca: Putra Pemilik SCTV Melamar Putri Pemilik MNC

Alasan Warna Seragam Satpam Diganti

Adapun yang menjadi alasan mendasar perubahan warna ini karena seragam satpam yang sekarang dipakai sangat mirip dengan seragam anggota Polri.

Kemiripan ini kerap menimbulkan kebingungan di masyarakat yang sulit membedakan antara polisi dan petugas satpam.

“Bingung masyarakat untuk membedakan mana polisi dan satpam. Untuk membedakan pakaiannya rencananya warna seragamnya lebih muda sedikit dari baju Polri,” kata Ramadhan.

Sebelumnya Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan menyebut, pengenalan seragam baru satpam rencananya akan digelar bertepatan dengan HUT Satpam 31 Desember, namun diundur ke tanggal 2 Februari 2022.

Dirinya juga mengatakan, hanya baju satpam saja yang akan diubah dari warna cokelat muda menjadi krem. Sementara itu, celana satpam akan tetap berwarna cokelat tua.

Warna Baru Seragam Satpam 2022
Foto: Instagram/@merekamjakarta

Baca: Edy Mulyadi Resmi Jadi Tersangka Kasus Ujaran Kebencian

Ramai Komentar Warganet

Beragam komentar warganet terkait perubahan kembali warna seragam satpam pun ramai di media sosial. Berikut di antaranya:

“Iya ih masih bagusan juga baju satpam yg dulu, putih biru tua, Pramuka aja warna cokelat tua tapi bajunya bagus tebal,” tulis @Oby_siti.

“Jiaaah polri mau ganti warna seragam satpam lagi biar nggak mirip sama seragam polisi, katanya bikin bingung.

padahal bedainnya gampang banget; kalo sopan, ramah, mau bantu apa aja, nggak mintain duit, itu udah pasti satpam. nah kalo selain itu berart,” tulis @ikramarki.

“Bring back the old seragam satpam kadang tiap nyetir motor terus lewat jalan gede suka ngeliat seragam cokelat pake rompi ijo udah auto overthinking duluan, kirain polisi lg razia ternyata satpam,” tulis akun @NileTilapio.

“Bapakku yg satpam pdhl udah seneng bgt ganti seragam berasa naik derajat katanya ahahhaha,” tulis akun @peaceymone.*