dawaiusa.com Sebuah video yang menunjukkan warga membubarkan aktivitas ibadah di Bekasi, Jabar, viral. Video tersebut diunggah oleh akun @arionsihombing pada Minggu (19/4).

Dalam video tersebut, terdengar suara wanita yang sedang menjelaskan ibadah yang ia jalankan. Akan tetapi, salah satu pria yang mengenakan peci, baju kokoh putih serta sarung, menghardik penghuni rumah tersebut.

Baca juga: Dua Sopir yang Bawa Penumpang Covid-19 di NTT Ditemukan

“Bukan masalah ibadahnya…itu tidak boleh,” ujar pria tersebut dengan nada tinggi.

Dalam potongan video tersebut tak dijelaskan apa maksud kata ‘itu’ yang disampaikan pria tersebut. Belakangan, menurut versi penjelasan pihak kepolisian, disebutkan bahwa hal yang diprotes oleh pria berpeci tersebut adalah proses kumpul-kumpul di rumah itu.

Adapun dari pihak tuan rumah, menyatakan kumpul di rumah tersebut merupakan bentuk ibadah biasa, dan mereka mengikuti anjuran pemerintah untuk melakukan ibadah tersebut di rumah.

Kronologi Kejadian

Pengunggah video menuliskan kronologi kejadian tersebut berikut ini:

Kami biasa mengadakan ibadah di rumah setelah kejadian COVID-19 ini, dan yang pasti keluarga inti tentunya, namun tiba tiba Pak Hj ini dan RT datang sontak marah marah sambil bawa kayu dan membubarkan ibadah kami, karena kami ga boleh ibadah di rumah, aku langsung videoin kejadian itu, lalu dia pergi cuma kami takutnya nanti malam dia akan bawa masa (sekitar 12 tahun yang lalu rumah kami pernah didemo saat ibadah syukuran rumah, dan diteror 1 bulan penuh dilempari batu tengah malam, dan kami terpaksa berjanji agar tidak mengadakan ibadah dirumah) namun yang sangat kami sesali, keluarga kami yang berusaha turut akan anjuran pemerintah untuk beribadah di rumah (keluarga inti dan tidak mengundang siapapun) masih ada saja yang usik. Sebelum menuju ke jalur hukum, kami keluarga masih memberikan kesempatan untuk anda meminta maaf
Lokasi kejadian Kp. Rawasentul RT/RW 01/04 Desa Jayamukti Kecamatan Cikarang Pusat Kabupaten Bekasi Jawa Barat.

Warga Bubarkan Ibadah, Gubernur Jabar Turun Tangan

Video warga bubarkan ibadah tersebut kemudian langsung ditanggapi oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil yang turut berkomentar di postingan tersebut karena turut dimention, selain beberapa akun lain.

Emil mengatakan akan segera mengecek kejadian tersebut. Menurut Emil, hal seperti seharusnya tidak boleh terjadi, karena beribadah merupakan hak setiap warga.

Ridwan Kamil
Screenshoot pernyataan Ridwan Kamil – Instagram

“Saya akan cek malam ini ke aparat setempat. Sangat disesalkan, seharusnya ini tidak boleh terjadi. Karena beribadah adalah hak setiap warga. Dan sudah sesuai anjuran untuk tidak melakukannya di ruang publik selama pandemi COVID-19,” tulis Ridwan Kamil.

Terkait PSBB, Kabupaten Bekasi sudah memberlakukan PSBB sejak Rabu (15/4).*