Wagub Nae Soi: Kelor, Pohon Ajaib Pemberian Tuhan untuk NTT

Wagub Nae Soi: Kelor, Pohon Ajaib Pemberian Tuhan untuk NTT

KUPANG, dawainusa.com – Ragam manfaat yang dimiliki oleh tanaman Kelor atau Merunggai (Moringa oleifera) membuat Wakil Gubernur (Wagub) Nusa Tenggara Timur (NTT), Yoseph Nae Soi, menjulukinya sebagai pohon ajaib pemberian Tuhan untuk NTT.

Hal itu diungkapkan Wagub Nae Soi kepada wartawan di Kupang, Selasa (18/12), saat memaparkan program pengembangan tanaman Kelor yang menjadi prioritas pemerintah NTT saat ini.

“Ini pohon ajaib pemberian Tuhan untuk NTT” ujarnya seperti dilansir Antara.

Ujaran tersebut disampaikan Nae Soi setelah sebelumnya menjelaskan manfaat serta khasiat tanaman Kelor, baik untuk kesehatan maupun perawatan kulit.

“Tak hanya daunnya, bijinya juga dapat digunakan untuk mencegah berbagai penyakit dan juga mampu menyembuhkan berbagai penyakit,” paparnya.

Baca jugaASN NTT Diwajibkan Pakai Sabun Daun Kelor Mulai 2019

Mulai 2019, ASN NTT Wajib Pakai Sabun Daun Kelor

Dalam kesempatan yang sama, mantan anggota DPR RI tersebut juga menjelaskan rencana Pemerintah Provinsi NTT untuk mewajibkan penggunaan sabun mandi berbahan dasar daun Kelor mulai 1 Januari 2019 mendatang.

“Kami sudah tetapkan bahwa mulai 1 Januari nanti, seluruh ASN di NTT wajib menggunakan sabun mandi itu (Moringa oleifera) karena produksinya sudah ada di NTT,” tegasnya.

Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat dan Wakil Gubernur NTT, Yoseph Nae Soi – Foto: Antara/Puspa Perwitasari.

Wacana itu telah diungkapkan Nae Soi sehari sebelumnya, pada acara penanaman pohon dalam rangka Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) tahun 2018 di Kota Kupang, Senin (17/12).

Dikutip Pos Kupang, Nae Soi menjelaskan akan adanya instruksi bagi seluruh seluruh ASN Lingkup Pemprov NTT agar mandi menggunakan sabun Kelor mulai 2019 mendatang.

“Jadi nanti mulai tahun depan semua ASN di Pemprov NTT harus mandi pakai Sabun Kelor. Saya dan Pak Viktor tiap hari mandi gunakan Sabun Kelor,” tegasnya.

Baca jugaGizi Buruk di NTT, dari Perubahan Mindset Orang Tua hingga Daun Kelor

Kelor Sebagai “Pohon Ajaib”

Julukan ‘Pohon Ajaib’ yang disematkan pada tanaman Kelor tampaknya bukan pertama kali diungkapkan oleh Wakil Gubernur NTT, Yoseph Nae Soi. Penelusuran di mesin pencarian Google juga akan memberikan rujukan ke penjelasan terkait tanaman Kelor ketika diketikkan kata Miracle Tree (Pohon Ajaib).

Jauh sebelumnya, di dunia barat, tumbuhan dari suku Moringaceae memang telah sejak lama dijuluki Miracle Tree (pohon ajaib) karena beragam manfaat serta khasiat yang dimilikinya.

Baca jugaGubernur NTT Siap Disebut Tolol Jika Ini yang Terjadi

Gelar ‘Pohon Ajaib’ juga bahkan telah disematkan Organisasi Kesehatan Dunia WHO setelah melakukan studi dan menemukan bahwa tumbuhan ini berjasa sebagai penambah kesehatan berharga murah selama 40 tahun ini di negara-negara termiskin di dunia.

Simak liputan Discovery Channel yang juga menjuluki tanaman Kelor sebagai ‘Pohon Ajaib’ berikut ini:

COMMENTS