Dawainusa.com — Video yang memperlihatkan seorang kakek berseragam SMA saat mendatangi lokasi Salad Idul Adha beberapa waktu lalu viral di media sosial.

Video yang diunggah akun TikTok @andisalsaa_s pada Minggu (2/8) itu pun langsung menarik perhatian publik, di mana hingga Senin (3/8) sore sudah ditonton lebih dari 5 juta kali, disukai lebih dari 365 ribu orang dan dikomentari sekitar 5 ribu orang.

Pengunggah video tersebut mengaku tersentuh melihat keadaan sang kakek yang begitu sederhana menjalankan ibadah sholatnya. Penampilannya berbeda dari orang kebanyakan yang umumnya memakai kemeja dan pakaian muslim di hari kebesaran umat Islam.

Dalam video tersebut, sang kakek berpakain putih abu-abu mula-mula berjalan sambil menenteng sajadah di tangannya. Ia berjalan di antara kerumunan orang yang hendak menjalankan sholat.

“Jadi guys kemarin aku lebaran di kampung. Terus liat bpk ini yang baju sma ke lapangan buat salat,” tulis Caca, pemilik akun dalam video tersebut dengan emotikon menangis.

Namun ketika memasuki masjid untuk sholat, sang kakek kelihatan sudah memakai batik. Menurut penuturan sang kakek, batik tersebut diberi oleh seseorang.

Kakek Bernama Sakka

Kepada Tribunnews, Caca menjelaskan, kejadian dalam video tersebut ia saksikan langsung saat berada di lokasi salat Idul Adha di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, 31 Juli lalu.

“Iya, itu saya saksikan sendiri waktu saya pergi Salat Id di rumah nenek di kampung,” ujaranya, Senin (3/8).

Caca menuturkan, kakek tersebut bernama Sakka. Rumahnya tidak begitu jauh dari rumah neneknya. Ia mengaku secara kebetulan bertemu dengan kakek Sakka di lokasi Salat Id.

Ketika melihat kakek Sakka hanya mengenakan seragam SMA, Caca pun tergerak hati untuk mengabadikan momen tersebut. Ia pun berharap banyak orang yang tergerak hatinya untuk membantu keluarga kakek Sakka.

Dari cerita keluarga di kampung halamannya, diketahui bahwa kakek Sakka memiliki seorang yang juga sudah tua istri dan saudaranya yang buta.

Kini, sang kakek tidak lagi bisa bekerja seperti pada masa mudanya.

Melalui rekaman singkat kehidupan sang kakek, Caca berharap banyak orang yang membantu untuk meringankan tanggungan sang kakek.

“Pesan dari saya, banyak-banyak bersyukur, soalnya nggak semua orang hidupnya bisa kayak kita gini. Masih banyak di luar saya yang sangat membutuhkan kita,” tuturnya.

Tanggapan Netizen

Video pendek tentang kakek Sakka mengundang iba dari netizen. Banyak dari mereka yang memberikan dukungan bagi sang kakek. Mereka ikut menguatkan dan berdoa agar kakek Sakka diberi rezeki secukupnya di masa tua.

“Gw tuh paling gak tega liat yang kek gini tuh. Anak-anaknya pada kemana si,” tutur seorang netizen.

“Nangis nyesek banget,” timpal netizen yang lain.

“Semoga kakek diperpanjangkan umurnya, diberi kesehatan biar bisa main sama cucunya di masa-masa tua-nya,” ungkap salah satu netizen.

Setelah ada dorongan dari netizen untuk memberikan donasi, Caca pun mengunggah video yang memperlihatkan kondisi rumah sang kakek. Tampak rumah kakek Sakka begitu sederhana, di mana dibangun dengan kayu.

Di video yang lain, Caca juga memperlihatkan momen ketika kakek Sakka diajak bertandang ke rumah neneknya untuk makan dan ngobrol setelah Salad Id.

“Setelah ngobrol2 dia cerita kalau baju SMA itu dikasih sama orang, terus baju batik itu barusan dikasih juga sama orang karena disuruh buat lepas baju SMA,” tutur Caca dalam video tersebut.*