Video: Detik-detik Kebakaran Separuh Pulau Gili Lawa Darat Labuan Bajo

Video: Detik-detik Kebakaran Separuh Pulau Gili Lawa Darat Labuan Bajo

Kebakaran hebat melanda hampir separuh pulau Gili Lawa Darat, Taman Nasional Komodo, NTT, Rabu (01/8) lalu. (Foto: Pulau Gili Lawa Darat - ist)

LABUAN BAJO, dawainusa.com Kebakaran hebat melanda hampir separuh pulau Gili Kawa Darat, Taman Nasional Komodo, NTT, Rabu (01/8) lalu. Salah satu pulau yang paling digemari wisatawan itu, dilalap si jago merah sekitar pukul 19;00 malam.

Pihak Balai Taman Nasional Komodo (BTNK) yang mendapat informasi dari warga lansung menurunkan petugas dari Loh Sebita, Resort Padar.

Petugas BTNK yang mendatangi lokasi berhasil memadamkan api sekitar pukul 03:10 atau kamis (02/08) dini hari. Informasi yang dihimpun Dawainusa, BTNK menduga penyebab kebakaran adalah ulah pengunjung yang merokok diatas puncak pulau itu.

Baca juga: Dua Personel Polisi di Papua Ditembak Kelompok Bersenjata

“Kuat dugaan, api yang melanda Gililawa disebabkan ulah oknum yang merokok di puncak Gililawa Darat,” tulis akun resmi Balai Taman Nasional Komodo pada Instagram @Komodo National Park.

Wisatawan Prihatin

John Apong, salah seorang pelaku pariwisata yang mengantar wisatawan ke pulau itu pasca kebakaran, mengaku, wisatawan sangat menyayangkan kejadian ini. Menurut dia, selama ini Gililawa Darat adalah salah satu pulau yang populer dikunjungi wisatawan.

“Wisatawan menyayangkan tempat sebagus Gililawa Darat ini tidak dijaga dengan baik. Tempat ini bukan milik generasi sekarang, ada anak-anak dan cucu-cucu kita yang pingin menikmati tempat ini,” jelas John meniru pernyataan wisatawan yang diantar ke sana.

Baca juga: Kronologi Percobaan Bunuh Diri yang Berhasil Digagalkan Warga

Gililawa Darat, kata dia, selama ini menjadi salah satu spot terindah bagi wisatawan untuk menikmati sunset saat mereka melakukan snorkeling di sekitar perariran Pulau Komodo.

Kebakaran yang melanda Gililawa Darat bukanlah yang pertama terjadi di kawasan ini. Sebelumnya kejadian serupa terjadi di Loh Pede, Pulau Komodo pada 19 Juni 2018 lalu.

Kebakaran di Kawasan Taman Nasional Komodo memang kejadian yang cukup rentan mengingat mayoritas wilayah ini terdiri dari padang savana yang mudah terbakar.

Pihak BTNK sendiri selama ini diberbagai lokasi kunjungan wisatawan memang melarang keras semua pengunjung untuk merokok atau menyalakan selama berwisata.* (Elvys Yunani)

Video Kebakaran

COMMENTS