Soal Persiapan New Normal di Indonesia, WHO Beri Sejumlah Peringatan
WHO - ist

dawainusa.com Setiap harinya Badan Kesehatan Dunia (WHO) menginformasikan perkembangan terkini pandemi virus korona baru COVID-19 di dunia.

Dalam update corona terkini per 5 April 2020, ada 1 area baru yang melaporkan kasus positif, yakni Kepulauan Falkland.

Baca juga: Najwa Shihab Dituding Yassona Laoly Provokasi Masyarakat

Pemerintah Kepulauan Falkland telah mengonfirmasi kasus pertama virus corona di wilayah mereka. Seorang pasien diketahui terjangkit virus corona setelah dirawat di rumah sakit dengan gejala yang sesuai pada Selasa (31/3/2020). Pasien itu dikatakan dalam kondisi stabil dan berada dalam ruang isolasi.

Kepulauan Falkland yang terletak di Samudra Atlantik Selatan, di wilayah luar Inggris telah menjadi salah satu dari sejumlah tempat terpencil yang tidak melaporkan kasus infeksi virus corona selama wabah berlangsung.

Otoritas Kesehatan Falkland telah mengirim sampel ke Inggris untuk melakukan pengujian. Kepala Staf Medis Dr Rebecca Edwards merasa beruntung karena kepulauan itu sebelumnya bebas dari Covid-19 dan mengaku telah menyiapkan segalanya.

“Kami telah mengatur ulang pengaturan rumah sakit dan kepegawaian. Kami juga telah menempatkan persediaan obat-obatan di tempat yang tidak banyak dilakukan negara lain sebelum mereka mengidentifikasi kasus pertama mereka.”

WHO telah meluncurkan database yang berisi bimbingan dan penelitian yang terbaru tentang pandemi COVID-19 dari Amerika dan negara yang terkena dampak di seluruh dunia.

Saat Tiongkok melewati fase karantina 2 bulan dan pindah tahap mitigasi, pengalamannya telah membantu negara-negara lain saat ini di awal siklus COVID-19 untuk merencanakan respon yang lebih baik.

Hal ini dieksplorasi dalam sebuah wawancara dengan Perwakilan WHO untuk Tiongkok, Dr Gauden Galea.

Tak Boleh Panik, Virus Corona Punya Lima Kelemahan
Ilustrasi – ist

Update Corona Global dan Indonesia

Melansir data real time yang dikumpulkan oleh John Hopkins University, jumlah infeksi per Senin (6/4/2020) pagi adalah sebanyak 1,27 juta kasus.

Adapun jumlah kasus kematian yang terjadi adalah 69.309. Sementara itu, 259.810 pasien telah dinyatakan sembuh. Kasus-kasus ini tersebar di ratusan negara di dunia.

Baca juga: Cegah Corona, Umat Kristiani Diminta Rayakan Paskah di Rumah

Jumlah kasus terbanyak tersebar di AS, yaitu lebih dari 300.000 kasus, disusul Spanyol, Italia, Jerman, dan Perancis.

Sementara, untuk jumlah kematian, paling banyak terjadi di Italia, disusul Spanyol, AS, Perancis, dan Inggris. Sedangkan jumlah pasien sembuh paling banyak masih ada di China, yaitu 77.207 pasien

Sementara itu, data terbaru per Minggu (5/4/2020) pukul 12.00 WIB, menyebutkan, jumlah kasus infeksi virus corona di Indonesia berjumlah 2.273 kasus.

Jumlah ini mengalami penambahan sebanyak 181 kasus dari hari sebelumnya. Dari jumlah tersebut, 198 orang meninggal dunia dan 164 pasien telah dinyatakan sembuh.

Selain itu, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto mengimbau masyarakat untuk menggunakan masker demi mencegah penyebaran virus corona.

Gugus Tugas Penanganan Covid-19 meminta masyarakat untuk menggunakan masker kain tiga lapis.

Pemerintah juga telah mengeluarkan peraturan terbaru yaitu Permenkes Nomor 9 Tahun 2020 sebagai aturan turunan dari Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Peraturan ini mengatur secara lebih rinci alur penetapan PSBB sebagaimana telah diputuskan sebelumnya oleh Presiden Jokowi beserta dengan cakupan pembatasan yang dilakukan.*