Untuk Lowongan CPNS, Lingkaran Istana Sediakan 116 Posisi

Untuk Lowongan CPNS, Lingkaran Istana Sediakan 116 Posisi

JAKARTA, dawainusa.com – Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (Lowongan CPNS) 2018 yang diurus oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) sudah bisa diakses sejak kemarin, Rabu (19/9).

Masyarakat yang ingin mendaftar dianjurkan untuk mengakses terlebih dahulu situs sscn.bkn.go.id. Dalam situs tersebut, masyarakat bisa mempelajari syarat, tata cara, kuota per instansi, dan melakukan pendaftaran untuk seleksi CPNS 2018 secara terintegrasi.

Baca juga: Seleksi CPNS 2018, 4 Jurusan Ini yang Paling Dicari

Untuk instansi di lingkaran istana, terdapat lowongan sebanyak 116 CPNS di tahun 2018. Rinciannya, 34 CPNS untuk Sekretariat Kabinet dan 82 CPNS untuk Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg).

Cecep Sutiawan, Ketua Tim Pengadaan CPNS Kemensetneg 2018 menjelaskan secara rinci formasi di kementeriannya melalui pengumuman kemarin.

Formasi untuk 34 Lowongan CPNS di Sekretariat Kabinet

Dari 34 lowongan CPNS yang akan disaring di Setkab, 7 di antaranya akan ditempatkan sebagai analis Hukum. Analis Polhukam, Perekenomian, dan Kesra masing-masing mendapat jatah 2 CPNS.  Analis Berita dan Analis Humas & Protokol masing-masing mendapatkan 1 jatah CPNS.

Selanjutnya CPNS untuk posisi Analis Keuangan ada 2 orang, Analis Laporan Keuangan 1 orang, Analis SDM 3 orang, Analis Ortala 1 orang, Analis Kinerja 2 orang, dan Analis Laporan Akuntabilitas Kinerja 2 orang.

Baca juga: Yang Dilakukan Pemerintah Soal Penerimaan CPNS Tahun Ini

Untuk  Penelaah Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa ada 2 orang, Analis Sistem Informasi ada 1 orang, Analis Ahli Pertama ada 1 orang, Penerjemah Ahli Pertama  ada 2 orang, dan Analis Data dan Informasi ada 2 orang.

Dari formasi tersebut, kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan adalah lulusan S1 mulai dari Ilmu Hukum, Politik/Ilmu Pemerintahan, Ekonomi, Olahraga, Komunikasi, Akuntansi, Manajemen, Administrasi Negara, Komputer/Teknik Informatika, dan Bahasa Inggris.

Formasi untuk 82 CPNS di Kemensetneg

Sementara itu Kemensetneg akan merekrut 82 orang CPNS yang juga akan ditempatkan dalam beberapa formasi. 9 orang di antaranya untuk Analis Perundang-undangan dan Rancangan Peraturan Perundang-undangan dan 7 orang untuk Analis Humas dan Protokol.

Selanjutnya 5 orang untuk Analis Tata Usaha, 4 orang untuk Analis SDM, 4 orang untuk Analis Hubungan Antar Lembaga, 8 orang untuk Petugas Protokol Kepresidenan, 3 orang untuk Tenaga Peliputan, 3 orang untuk Pranata Komputer Ahli Pertama, dan 3 orang Auditor Terampil.

Sisanya adalah jabatan lain yang menyediakan 1-2 formasi. Dari Kemensetneg sendiri, kualifikasi keilmuan yang dibutuhkan adalah Ilmu Hukum, Hubungan Internasional, Seni Rupa Murni, dan Ilmu Komunikasi/Humas/Ilmu Hubungan Internasional.

Lalu dibutuhkan juga lulusan berlatar belakang Ekonomi Pembangunan, Akuntansi, Administrasi Negara, Sistem Informasi, dan Ilmu Komputer. Untuk jurusan Psikologi, Kemensetneg membutuhkan CPNS yang berijazah S2.

Baca juga: Anggaran Sedang Dihitung, Rekrutmen CPNS 2018 Akan Segera Dibuka

Selain itu, Kemensetneg juga menerima lulusan berijazah D3 dari ilmu Komunikasi/Penyiaran, Bahasa Inggris/Bahasa Mandarin/Bahasa Perancis/Bahasa Jepang, Teknik Mekanis/Otomotif, Farmasi, dan Teknik Sipil.

Menurut ketentuan, usia pelamar saat mendaftar adalah minimal 18 tahun dan maksimal 33 tahun, sementara untuk lulusan D3 maksimal 30 tahun. Dalam pengumuman tersebut, pelaksanaan seleksi dilakukan di Jakarta.

Namun, bagi CPNS yang melamar untuk posisi di Istana Kepresidenan Yogyakarta dan Istana Kepresidenan Tampaksiring bisa mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) di Provinsi Yogyakarta dan Bali.

“Pendaftaran dibuka melalui 26 September-10 Oktober 2018 secara online melalui Sistem Seleksi CPNS Nasional Badan Kepegawaian Negara (SSCN BKN) pada laman http://sscn.bkn.go.id,” jelas Cecep sebagaimana yang ia sampaikan dalam pengumuman tersebut.*