Sempat Unggah Foto Hoax, Menteri Tjahjo Minta Maaf
Menpan-RB Tjahjo Kumolo - Foto: Beritanusa.id

Dawainusa.com –┬áMenteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Tjahjo Kumolo menyampaikan pemintaan maaf melalui akun Twitternya, Minggu (10/10/2010).

Menteri Tjahjo meminta maaf lantaran sempat mengunggah foto ‘Jalan Tol Cisumdawu di Jabar’ yang rupanya telah dilabeli sebagai ‘disinformasi’ atau foto hoax oleh Kominfo.

“Mohon maaf postingan jalan Tol di Jabar ternyata salah bukan di Jabar (saya dapat informasi salah) trims perhatiannya- tjahjokumolo,” tulis Tjahjo.

Sempat Unggah Foto Hoax

Postingan yang dimaksud Menteri Tjahjo adalah foto jalan tol yang diklaim sebagai Tol Cisumdawu. Dalam postingan itu terselip informasi:

Jalan tol terkeren di Indonesia, CISUMDAWU (CILEUNYI – SUMEDANG – DAWUAN), yang membelah gunung dan masuk gunung, memungkinkan Bandung <> Tegal ditempuh hanya dalam 2 jam, Bandung <> Semarang hanya 3,5 jam.

Namun, rupanya foto dalam unggahan tersebut telah dilabeli sebagai disinformasi oleh Kominfo. Hal itu dijelaskan dalam unggahan laman resmi Kominfo tertanggal 26 Maret 2019 berjudul “[DISINFORMASI] Foto Penampakan Tol Cisumdawu, Cileunyi-Sumedang-Dawuan Yang Memangkas Dan Menerobos Bukit“.

Foto Hoax Penampakan Tol Cisumdawu
Foto yang dilabeli sebagai disinfirmasi – Kominfo

“Akun dengan nama Emak-emak Cyber Army memposting sebuah foto dengan narasi ‘Penampakan tol Cisumdawu, Cileunyi-Sumedang-Dawuan, 60 km, yang memangkas dan menerobos bukit’. Sebelumnya gambar tersebut diklaim sebagai jalanan yang ada di India,” tulis Kominfo pada situsnya.

Dijelaskan, foto yang diklaim sebagai Tol Cisumdawu tersebut bukanlah di Indonesia, melainkan di Turki.

“Setelah ditelusuri, ternyata klaim terhadap foto tersebut tidaklah benar. Gambar jalan tol tersebut bukanlah di India maupun di Indonesia, melainkan jalan raya D400 Mersin-Antalya di Turki,” lanjutnya.

Menteri Tjahjo Ramai Dikomentari Netizen

Diketahui, unggahan Menteri Tjahjo terkait foto yang diklaim Tol Cisumdawu tersebut telah dihapus. Netizen pun ramai mengomentari permintaan maaf di akun Twitter Menteri Tjahjo.

Menteri Tjahjo Kumolo Sempat Unggah Foto Hoax
Tangkapan unggahan Menteri Tjahjo – Twitter/@Noerdjadi77

“Jadi menteri harus jadi panutan jangan sebarkan sesuatu yang kau tidak tahu, sudah cukup bangsa dan negara ini hidup dalam hoax, jangan ditambah pejabat negara yang dibayar oleh rakyat ikut sebarkan hoax,” tulis @sayids.

“Itu kan berita sudah lama kenapa baru tahu sekarang pak hehe,” tanggap @AlyaFziyah.

“Kami maafkan pak. Tapi tolong yg kasih informasi salah untuk dipecat pak, bila perlu dipidana,” balas @Ashshiddiqy117.

“Sebagai seorang pejabat “tingkat langit” jelas ini sungguh memalukan banget, sementara rakyat diingatkan untuk saring dulu sebelum “sharing” eh eh ehhh edo do eee… malah ini ada pejabat “sharing” foto hoax tanpa disaring dulu. Kan Pinterrrrr….. Ambyarrr,” ungkap @DreW_JaKoB_WolF.*