Dawainusa.comPemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) akan melakukan pembukaan pelayanan perdana uji swab laboratorium pasien Covid-19 di Rumah Sakit W. Z Johanes Kupang, pada Kamis (7/5/2020) besok.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT, Dominikus Minggu Mere mengatakan, pembukaan pelayanan perdana uji swab laboratorium pasien Covid-19 di NTT itu akan ditinjau secara langsung dan secara resmi oleh Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat.

Baca juga: Satu Lagi Warga NTT Terkonfirmasi Positif Covid-19

“Persiapan-persiapan sudah dilakukan termasuk tinjauan oleh Bapak wakil Gubernur NTT dan Bapak Sekda NTT,” kata Dominikus kepada wartawan di Kantor Gubernur NTT, Rabu (06/05/2020) sore.

Menurutnya, langkah tersebut dilakukan dalam rangka mempercepat informasi penanganan covid-19 di NTT. Pihak RSUD W. Z Yohanes Kupang kata dia, sudah siap untuk melakukan pemeriksaan swab covid-19 di NTT.

“Dan muda-mudahan besok sudah dilakukan pemeriksaan swab dari rujukan yang sudah ada RSUD W. J Yohanes Kupang,” pungkasnya.

Ia berharap agar seluruh rangkaian proses pemeriksaan swab bisa dilakukan secara baik dan secara terkoordinasi.

“Sebagaimana kita ketahui, Bapak Gubernur, bapak wagub sudah mengambil kebijakan agar supaya hasil-hasil swab yang sudah diambil dari Kabupaten/Kota bisa dilakukan pengambilan dengan menggunakan pesawat yang sudah disiapkan,” ujarnya.

Menurutnya, Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat telah mengambil kebijakan agar semua swab pasien corona dari seluruh wilayah di NTT segera dikirim ke RSUD prof dr WZ Johanes menggunakan pesawat yang telah disiapkan.

“Bapak gubernur sudah ambil kebijakan agar supaya hasil-hasil swab yang sudah diambil oleh rekan-rekan kita di kabupaten agar segera dikirim menggunakan pesawat yang telah dipersiapkan,” ungkapnya.

Pemprov Siapkan Pesawat Khusus

Sebelumnya, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 NTT, Marius Ardu Jelamu mengatakan, Pemerintah NTT menyiapkan pesawat udara untuk mengangkut spesimen swab dari sejumlah kabupaten di Pulau Flores dan Sumba untuk diperiksa di Kupang.

“Pemerintah NTT telah menyiapkan satu unit pesawat khusus untuk mengangkut spesimen swab dari daerah yang kesulitan transportasi udara setelah adanya pembatasan penerbangan udara, untuk diperiksa di laboratorium PCR RSUD Prof.Dr. W.Z. Johannes Kupang,” katanya.

Baca juga: Ribuan Debitur di Kota Kupang, NTT Sudah Dapat Keringanan Kredit

Pemerintah NTT, kata dia, telah menetapkan empat lokasi sebagai titik penjemputan sampel swab yang diangkut dengan pesawat udara yang disiapkan pemerintah NTT yaitu untuk Manggarai Timur, Manggarai dan Manggarai Barat dipusatkan di Bandara Udara Komodo, Labuan Bajo.

Sementara untuk Kabupaten Ngada, Nagekeo dan Ende kata dia pengakutan sample swab dikonsentrasikan di Bandara H. Hasan Aroeboesman, Kabupaten Ende. Sedangkan untuk Kabupaten Lembata, Flores Timur dan Sikka proses pengakutannya dilakukan melalui Bandara Frans Seda, Kabupaten Sikka.

Khusus untuk empat Kabupaten di Pulau Sumba yaitu Sumba Barat Daya, Sumba Barat, Sumba Tengah dan Sumba Timur dilakukan melalui Banda Umbu Mehang Kunda, Kabupaten Sumba Timur.

“Pengangkutan spesimen swab yang dilakukan melalui transportasi udara mulai berlangsung pada Jumat (8/5/2020),” tegas Marius.

Ia berhararap pemerintah kabupaten di Pulau Flores dan Sumba dapat menyesuaikan dengan jadwal penerbangan yang ditentukan itu dalam proses pengiriman swab ke Kupang untuk diperiksa di Laboratorium COVID-19 RSUD Prof.Dr. W.Z.Johannes Kupang.

Menurut Marius, pengangkutan sample swab dari Kabupaten Alor, Rote Ndao dan Sabu Raijua dilakukan dengan menggunakan Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Feri.

Ia menambahkan, sedang untuk enam kabupaten di Pulau Timor seperti Kabupaten Malaka, Belu, Timor Tengah Utara, Timor Tengah Selatan, Kabupaten Kupang dan Kota Kupang dilakukan dengan menggunakan transportasi darat.*