Dawainusa.com Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) melalui Dinas Kesehatan NTT melaporkan, hingga saat ini total pasien positif Covid-19 di daerah tersebut sebanyak 89 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT, Dominikus Minggu Mere mengatakan, jumlah kasus terkonfirmasi positif di provinsi berbasis kepulauan itu terus meningkat sejak NTT memiliki laboratorium pemeriksaan swab COVID-19.

Baca juga: 20 0rang Masuk Kategori Anak Positif Covid-19 di NTT

“Sehingga hasil pemeriksaan sampel swab lebih cepat diketahui,” katanya kepada wartawan di Kupang, Jumat (22/5).

Dominikus mengatakan, berdasarkan pemeriksaan terhadap 48 sampel swab yang dilakukan di laboratorium biologi molekuler PCR, RSUD Prof.Dr. W.Z. Johannes Kupang diketahui ada tiga spesimen swab yang dinyatakan positif COVID-19.

Dua sampel swab yang terkonfirmasi positif COVID-19, kata dia, berasal dari Kota Kupang, merupakan transmisi lokal yang pernah melakukan kontak erat dengan pasien COVID-19 yang telah meninggal dunia.

Sementara satu pasien lainnya berada di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) merupakan kluster Magetan yang masih berusia anak-anak.

“Dengan penambahan tiga pasien positif COVID-19 ini jumlah pasien positif COVID-19 di NTT telah mencapai 82 orang tersebar di 10 kabupaten/kota,” kata Dominikus.

Ia mengatakan penambahan dua pasien positif COVID-19 di Kota Kupang sehingga jumlah pasien positif COVID-19 di ibu kota provinsi NTT ini tercatat 20 orang dari sebelumnya 18 orang dan pasien COVID-19 yang telah dinyatakan sembuh sebanyak enam orang dan satu orang meninggal dunia.

Sementara di Kabupaten Timor Tengah Selatan telah bertambah menjadi tiga orang pasien positif COVID-19 dari sebelumnya hanya dua orang.

Sebaran Pasien Positif Covid-19 di NTT

Berikut data jumlah pasien positif COVID-19 di NTT

1. Kota Kupang 20 orang dan enam orang sembuh serta satu meninggal dunia.
2 Kabupaten Sikka 27 orang
3. Kabupaten Manggarai Barat 14 orang
4. Kabupaten Sumba Timur 7 orang
5. Kabupaten Ende 6 orang
6. Kabupaten Timor Tengah Selatan 3 orang
7. Kabupaten Rote Ndao 2
8. Kabupaten Manggarai 1 orang
9. Kabupaten Flores Timur 1 orang
10. Kabupaten Nagekeo 1 orang.