Tolak Mantel Bulu, Aktivis Barcelona Gelar Aksi Tanpa Busana

Tolak Mantel Bulu, Aktivis Barcelona Gelar Aksi Tanpa Busana

BARCELONA, dawainusa.com – Sejumlah aktivis dari kelompok Anima Naturalis cabang Spanyol menggelar aksi demo tanpa busana di Catalunya Square, Barcelona, Spanyol, pada Minggu (16/12).

Aksi yang diikuti oleh puluhan aktivis tersebut merupakan bentuk protes atas penggunaan bulu dan kulit hewan untuk busana. Mereka tampil berlumuran darah palsu dan tanpa mengenakan busana sehelaipun.

“Sangat penting menarik perhatian masyarakat dan membuat mereka melihat apa yang sebenarnya terjadi di dunia. Mantel bulu terlihat cantik, tapi di balik itu, ada kekejaman yang tidak terlihat banyak orang. Para binatang itu menderita,” ujar salah seorang aktivis, Luisa Escribano, sebagaimana dikutip AFP.

Baca jugaSoal Putusan MK Terkait Batas Ideal Usia Nikah Perempuan

Menurut data Anima Naturalis, lebih dari 60 juta hewan dibunuh setiap tahunnya untuk diambil kulit dan bulunya sebagai bahan baku produksi baju dan mantel. Dari jumlah tersebut, Eropa tercatat membunuh sebanyak 32 juta hewan pertahunnya, demi mantel.

Denmark dan Finlandia merupakan produsen dan eksportir mantel bulu terbesar di dunia. Negara Eropa lainnya yang juga tercatat sebagai produsen besar mantel bulu adalah Rusia, Kanada, Swedia dan Belanda.

Bukan Aksi Tanpa Busana yang Pertama

Aksi tanpa busana yang dilakukan para aktivis Anima Naturalis cabang Spanyol ini ternyata bukan aksi kali pertama. Sebelumnya, mereka pernah menggelar aksi serupa pada 11 Desember 2016 silam.

Baca jugaAustralia Akui Yerusalem Barat Sebagai Ibukota Negara Israel

Sebagaimana dalam aksinya tahun ini, pada 2016 lalu, Luisa Escribano bersama putrinya, Barbara, serta puluhan aktivis lainnya juga tampil tanpa busana untuk menyerukan protes atas penggunaan bulu dan kulit hewan untuk busana.

Luisa Escribano bersama putrinya dalam aksi tahun 2016

Luisa Escribano bersama putrinya, dalam aksi tahun 2016 – AFP/Lluis Gene

Ketika itu, Luisa dan putrinya pun terlihat membawa poster bertuliskan seruan yang sama: “Berapa banyak nyawa yang hilang hanya untuk sebuah mantel?”

Berikut foto-foto aksi tanpa busana kelompok Anima Naturalis pada Minggu (16/12) di Barcelona yang dilansir dari elpais.com:

COMMENTS