Tiga Prioritas Pembangunan di Kabupaten Manggarai Tahun 2018

Tiga Prioritas Pembangunan di Kabupaten Manggarai Tahun 2018

Bupati Manggarai, Dr. Deno Kamelus memaparkan tiga prioritas pembangunan di Kabupaten Manggarai, NTT tahun 2018 mendatang. (Foto: kantor Bupati Manggarai - floreskita.com

RUTENG, dawainusa.com – Bupati Manggarai Dr. Deno Kamelus memberikan sambutan dalam pembukaan sidang III DPRD Kabupaten Manggarai, NTT tahun dinas 2017, Senin (16/10) lalu di ruang sidang utama dewan. Dalam sambutan tersebut, Deno memaparkan tiga prioritas pembangunan di daerah itu tahun 2018 mendatang.

Seperti dilansir florespost.com, Rabu (18/10), tiga prioritas tersebut antara lain, Peningkatan Pendapatan Petani melalui Pola Simantri, Peningkatan Kapasitas Infrastruktur Jalan, Irigasi serta Air Minum Bersih, dan Percepatan Penanggulangan Kemiskinan.

Menurut Deno, tiga prioritas pembangunan itu menunjukkan akan ada kerja nyata untuk masyarakat Manggarai yang dimulai dari tahap Perencanaan, Pelaksanaan, sampai tahap Pengawasan. Ketiganya merupakan roda utama RAPBD tahun 2018.

(Baca jugaKapolres Manggarai Gelar Operasi Bina Turangga)

Mantan bupati dua periode itu juga menjelaskan, sangat penting untuk memerhatikan bidang pertanian.

Segala potensi di bidang pertanian mesti dioptimalkan. Hal itu, bagi Deno, karena bidang itu merupakan aspek penting dalam mewujudkan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat Manggarai.

“Potensi-potensi tersebut akan terus dioptimalkan demi peningkatan pendapatan petani di wilayah ini,” jelas Deno.

Deno juga menambahkan, bidang pertanian telah memiliki kontribusi besar dan tertinggi untuk Pendapatan Domestik Bruto (PDRB) di daerah itu.

(Baca jugaAkibat Perkelahian, Tiga Warga Satar Mese Luka Berat)

Bidang ini telah mencapai angka 24,03 persen untuk pembangunan daerah tahun 2016. Hal itu juga disokongi oleh luas lahan pertanian baik lahan kering maupun lahan basah dengan luas 149.554 hektar, dan lahan fungsional seluas 60.835 hektar.

Adapun sidang itu dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Manggarai, Simprosa Gandut dengan agenda tunggal, Pembahasan RAPBD tahun 2018. Dalam sidang itu, Gandut berharap kepada semua pihak untuk saling membangun komitmen baik dalam mengelolah keuangan daerah dengan selalu memerhatikan kondisi aktual daerah itu.* (YAH)