Terlibat Kasus Asusila, Hotman Paris Dilaporkan ke Polisi

Terlibat Kasus Asusila, Hotman Paris Dilaporkan ke Polisi
Foto: Dawainusa.com - Web/@tribunnews

Dawainusa.com – Pengacara kondang Hotman Paris dilaporkan ke Polda Metro Jaya pada Sabtu (2/4/2022) karena diduga terlibat dalam kasus asusila.

Laporan tersebut dilakukan oleh rekannya sesama pengacara bernama Binto Siregar karena dinilai telah mencederai harkat dan martabat perempuan.

Baca: Ajarkan Anak Salat, Celine Evangelista Diisukan Mualaf

Dalam laporannya, Binto menyebut akun instagram pribadi Hotman Paris, @hotmanparisofficial terdapat unsur pidana hingga layak dipolisikan.

Hotman Paris Langgar Kode Etik Advokat


Sementara itu, pengacara lain bernama Razman Arif Nasution menuding Hotman Paris Hutapea melanggar kode etik advokat.

Dalam sesi jumpa pers di kawasan Kuningan, Jakarta, Sabtu (2/4/2022), Razman menyoroti aksi Hotman Paris yang sering memeluk perempuan di depan publik.

Baca: Jadi Anak Angkat Deddy Corbuzier, Ini Profil Nada Tarina Putri

Selain itu, Razman juga memamerkan bukti berupa hasil tangkapan layar salah satu aksi Hotman Paris saat memeluk wanita lain di media sosial.

“Apakah mulia meluk-meluk perempuan di depan orang? Kalau kau punya bini 100 orang pun bantai saja di kamarmu, tak elok dilakukan di depan orang,” kata Razman Arif Nasution.

Ketentuan dalam Kode Etik Advokat

Terlibat Kasus Asusila, Hotman Paris Dilaporkan ke Polisi
Foto: Dawainusa.com – Web/@matamata

Lebih lanjut, Razman juga membeberkan ketentuan dalam kode etik advokat yang diduga dilanggar Hotman Paris Hutapea.

Dimulai dari perilaku sang pengacara nyentrik yang dianggap mencederai kehormatan profesi advokat.

“Sebagaimana diatur dalam Pasal 3 huruf g Kode Etik Advokat, advokat harus senantiasa menjunjung tinggi profesi advokat sebagai profesi terhormat,” ujar Razman.

Baca: Raffi Ahmad Disebut Selingkuh dengan Nita Gunawan

Kemudian Hotman Paris Hutapea juga dinilai tidak bisa menjaga martabat sebagai advokat dalam aktivitas di luar kewajiban profesi.

“Pasal 3 huruf g Kode Etik Advokat juga menjelaskan bahwa advokat Indonesia untuk menjaga sikap dalam menjalankan tugas maupun dalam kehidupan sehari-hari,” kata Razman.

Hotman Paris Dilaporkan ke Peradi

Terlibat Kasus Asusila, Hotman Paris Dilaporkan ke Polisi
Foto: Dawainusa.com – Instagram/@hotmanparisofficial

Berkaca pada bukti yang dikumpulkan, Razman Arif Nasution berencana mengadukan perbuatan Hotman Paris Hutapea ke DPN Peradi.

“Kami akan ke DPN Peradi. Kami sudah koordinasi untuk meminta Majelis Kehormatan Peradi agar memanggil saudara Hotman Paris Hutapea dan menghadirkan kami. Kalau hanya mereka saja kan kami nggak tahu hasilnya seperti apa,” kata Razman.

Baca: Kapten Vincent Dilaporkan Atas Kasus Binary Option Seperti Indra Kenz

Dengan demikian ini jadi kali kedua Hotman Paris diadukan ke Peradi dengan kasus yang sama.

Sebelumnya sebagai pelapor adalah tim kuasa hukum Hotma Sitompul. Tapi oleh majelis hakim Peradi, aduan tersebut ditolak.*