TEMA Gunadarma: Menghapus Stigma Melalui Pertunjukan Teater

TEMA Gunadarma: Menghapus Stigma Melalui Pertunjukan Teater

JAKARTA, dawainusa.com – Sanggar Teater TEMA Gunadarma akan menampilkan pertunjukan tunggal dengan tema utama “Drug Fest #senimenolaknarkoba” bertempat di Gedung Kesenian Jakarta pada Kamis (20/12) nanti.

Kepada Dawainusa.com, Pemimpin Produksi (Pimpro) Sanggar Teater TEMA Gunadarma, Mayla Putri menjelaskan bahwa pertunjukan ini dilatari oleh kegelisahan mereka atas situasi sosial yang terjadi di tengah masyarakat selama ini, yakni soal peredaran dan pertumbuhan narkoba yang semakin membahayakan kehidupan.

“Kami mengadakan pertunjukan tunggal ini karena kami gelisah dengan maraknya pertumbuhan dan peredaran narkoba di tengah kehidupan masyarakat kita. Sudah banyak masyarakat kita yang mengonsumsi obat-obat terlarang tersebut. Tentu hal ini sangat berbahaya bagi kehidupan kita selanjutnya,” jelas Putri.

Baca juga: ‘Dag Dig Drugs’, Sebuah Upaya Memerangi Bahaya Narkoba

“Hal lain juga ialah karena kami gelisah dengan fakta bahwa ada begitu banyak pelaku seni yang terlibat di dalam kasus narkoba. Sudah banyak artis di negara kita yang tertangkap oleh pihak berwajib karena menggunakan atau mengonsumsi narkoba,” lanjut dia.

Fakta banyaknya artis yang terjerat dalam kasus narkoba ini, demikian Putri, telah memengaruhi persepsi masyarakat terhadap dunia seni. Masyarakat memandang bahwa dunia seni dan para pelaku di dalamnya pasti sangat akrab dengan narkoba.

“Karena itu, pertunjukan ini juga dimaksudkan untuk menghilangkan berbagai stigma tersebut. Melalui pementasan teater ini, kami memberikan suatu pemahaman kepada masyarakat luas bahwa apa yang mereka pikirkan dan nilai selama ini tentang keakraban dunia seni dan orang-orang di dalamnya dengan narkoba sesungguhnya tidaklah benar,” ujar dia.

Sebagai orang yang cinta terhadap kesenian dan pelaku seni itu sendiri, demikian Putri menjelaskan, dengan pertunjukan tunggal ini, Sanggar Teater Tema Gunadarma dengan tegas mengambil sikap untuk menolak narkoba.

Pertunjukan Teater TEMA Gunadarma di FTJ 2018

Pertunjukan Teater TEMA Gunadarma di FTJ 2018 – Foto: Muhaimin

Sekilas tentang Teater TEMA Gunadarma

Sanggar Teater TEMA Gunadarma ini didirikan pada tanggal 4 Oktober 1992. Ia hadir atas insiatif 15 mahasiswa dan mahasiswi yang berkeinginan memajukan kegiatan kesenian dan menampung aspirasi mahasiswa, terutama di lingkungan kampus Universitas Gunadarma dan masyarakat pada umumnya.

Pada kurun waktu lebih dari 25 tahun ini, Teater Tema telah melaksanakan berbagai kegiatan kesenian, baik dalam bentuk pementasan maupun dalam bentuk kegiatan berkesenian lainnya.

Baca juga: Kakek Penyimpan 90 Paket Ganja dan Kasus Narkoba di Indonesia

Sanggar Teater Tema Gunadarma sampai saat ini aktif mengikuti berbagai ajang seperti Festival Teater Jakarta Selatan dan Festival Teater Jakarta.

Sebelumnya, Sanggar Teater Tema Gunadarma juga telah beberapa kali mengadakan pementasan tunggal dengan mengangkat konsep atau tema tertentu. Tidak hanya menggeluti bidang pementasan, Sanggar Teater TEMA Gunadarma juga aktif bergerak dalam hal aksi sosial dan edukasi dalam beberapa bidang.

Pementasan yang akan dilakukan nanti merupakan pertunjukan tunggal yang pertama kali dilakukan. Adapun pertunjukan tunggal ini, mereka didukung oleh sejumlah organ seperti Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, SANI (Selebriti Anti Narkotika Nasional), GANAS (Gerakan Narkotika Nasional), dan FOKAN (Forum Komunikasi Anti Narkotika Nasional).*

COMMENTS