Dawainusa.com Gubernur  NTT Viktor Laiskodat mengklaim telah menemukan obat penawar corona (Covid-19). Saat ini obat tersebut telah dikirim ke Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Nasional.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo, mengapresiasi temuan tersebut. Namun kata Doni, obat tradisional yang dikirim Pemrov NTT adalah ramuan untuk meningkatkan stamina.

Baca juga: Breaking News: Dua Warga NTT Kembali Terkonfirmasi Positif Corona

“Adapun yang sudah kami terima termasuk juga dari Gubernur NTT, lebih kepada upaya untuk meningkatkan stamina,” jelas Doni dalam siaran telekonferensi, Selasa (12/5/2020).

Doni menjelaskan, obat-obat tradisional tersebut harus melalui tahap uji klinis. Saat ini, ada beberapa obat tradisional yang sedang dilakukan uji klinis dan tinggal menunggu hasilnya.

“Manakala formulasi dari ramuan tradisional ini tidak ada yang membahayakan kesehatan pasien ada yang sudah diuji coba. Adapun keberhasilan lebih lanjut kami masih tunggu dari RS,” jelas Doni.

Obat Penawar Corona yang Dikirim Sering Digunakan Warga

Sebelumnya, Viktor mengklaim telah menemukan obat penawar corona yang mampu menyembuhkan virus mematikan tersebut.

Politisi Partai Nasdem itu mengkonfirmasi hal tersebut saat melakukan penandatanganan kerja sama pengawasan penggunaan dana COVID-19 dengan Kejaksaan Tinggi serta BPKP NTT di Kupang, Senin (11/5).

Baca juga: Warga di NTT yang Kembalikan Uang Bansos: Saya Kasihan Lihat Nenek Henderina

“Pemerintah NTT telah mengirim ramuan obat tradisional itu kepada Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Nasional, Doni Monardo guna membantu menyembuhkan pasien positif COVID-19,” kata Viktor seperti dikutip dari Antara.

Viktor mengatakan, penelitian terhadap obat ini akan terus dilakukan, karena menurutnya mampu menyembuhkan Covid-19.

“Kami sudah kirim ke Jakarta untuk digunakan dalam menyembuhkan pasien Covid-19,” kata Viktor didampingi Wakil Gubernur NTT Josep A Nae Soi.

Menurut Viktor, ramuan tersebut merupakan obat tradisional yang sering digunakan warga NTT dalam menyembuhkan beberapa jenis penyakit yang dialami warga daerah tersebut.

“NTT kaya dengan ramuan tradisional untuk berbagai jenis penyakit. Ramuan tradisional untuk COVID-19 itu sudah dikirim ke Jakarta untuk digunakan dalam penanganan pasien Covid-19,” ucapnya.*