Dawainusa.com Seorang warga Kecamatan Insana Barat, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Nusa Tenggara Timur (NTT), yang masuk kategori orang dalam pemantauan (ODP) Covid-19 meninggal dunia.

“Betul ODP itu warga Kecamatan Insana Barat. Meninggal Minggu (3/5/2020) kemarin sore,” ungkap Bupati TTU Raymundus Sau Fernandes, mengutip Kompas.com, Senin (4/5/2020) malam.

Baca juga: Update Terkini: Pasien Positif Covid-19 di NTT Bertambah Satu Orang

Raymundus menuturkan, warga tersebut selama ini tinggal di Bali dan pulang ke TTU karena menderita sejumlah penyakit. “Penyakit bawaannya TBC dan HIV,” kata Raymundus.

Sedangkan untuk swab test kata Raymundus, sudah dikirim ke Surabaya dan hasilnya belum diketahui. Pihaknya saat ini sedang menunggu hasil swab.

“Kami masih menunggu hasil swabnya. Jenazah yang bersangkutan tadi sudah dimakamkan di dekat kediamannya,” ujar Raymundus.

Untuk diketahui, ODP tersebut sempat menjalani karantina di Rumah Sakit Darurat Covid-19 Rusunawa BTN tanggal 9 April 2020. Ia dibawa dan dirawat di RSUD Kefamenanu, mulai dari tanggal 11-24 April 2020.

Usai menjalani perawatan medis, ia kemudian keluar dan tinggal di rumah orangtuanya di Kecamatan Insana Barat, hingga akhirnya meninggal dunia. Pemakaman jenazah juga dilakukan sesuai standar protokol Covid-19.

Update Corona NTT

Sementara itu, Pemerintah Nusa Tenggara Timur (NTT) melalui Gugus Tugas Penanganan Covid-19 NTT, kembali mengkonfirmasi penambahan satu pasien positif covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan NTT, Dominikus Mere mengatakan, pasien covid-19 yang terkonfirmasi sesuai hasil tes swab ini berasal dari cluster Sukabumi.

“Sore hari ini ingin kami sampaikan berdasarkan hasil swab yang kami kirim ke Jakarta untuk diperiksa, bahwa kita ada penambahan satu pasien covid -19 dari klaster Sukabumi,” ungkap Dominikus saat jumpa pers, Senin (4/5/2020).

Menurutnya, yang bersangkutan dalam keadaan normal, serta kini telah diisolasi dan menjalani perawatan di Rumah Sakit Bhayangkara Kupang.

“Dan kondisi dalam keadaan baik berdasarkan laporan yang kami terima dari Rumah Sakit yang bersangkutan, ” pungkasnya.

Dengan penambahan satu pasien covid-19 tersebut, maka saat ini jumlah pasien positif covid-19 di NTT sebanyak 10 orang.

Dimana 8 orang berasal dari cluster Sukabumi dan tengah dirawat di rumah sakit Bhayangkara Kupang, sedangkan 2 orang lainnya berasal dari cluster Gowa, Sulawesi Selatan dan sedang dirawat di Rumah Sakit Umum Labuan Bajo, Manggarai Barat.*