Angka Positif Naik, Pasien Sembuh dari Covid-19 di NTT Juga Banyak
Ilustrasi - ist

KUPANG, dawainusa.com – Meskipun jumlah kasus positif mengalami peningkatan, pasien yang dinyatakan sembuh dari Covid-19 di NTT juga sangat banyak.

Berdasarkan laporan yang disampaikan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 NTT, pada Kamis (22/7), jumlah pasien yang sembuh dari Covid-19 di wilayah tersebut ialah sebanyak 1.243 pasien.

Baca juga: Update Covid-19 di NTT, Manggarai Timur Jadi Penyumbang Kasus Terbanyak

Pasien sembuh yang paling banyak ialah dari Kabupaten Ende, yakni 336 orang. Kemudian dari Kabupaten Manggarai Timur ada 291 orang.

Setelah itu dari Kabupaten Sumba Timur 231 orang, Ngada 119 orang, Kota Kupang 100 orang, Kabupaten Nagekeo 63 orang, Sabu Raijua 40 orang.

Selanjutnya, dari Kabupaten Kupang 18 orang, Flores Timur 17 orang, Rote Ndao 11 orang, Lembata enam orang, Malaka lima orang, Sumba Barat Daya tiga orang, Belu dua orang, dan Timor Tengah Selatan satu orang.

Dengan tambahan jumlah tersebut, sejauh ini, pasien yang dinyatakan sembuh dari Covid-19 di NTT ada 22.824 orang dari total 33.992 kasus.

Kasus Positif Covid-19  di NTT Juga Bertambah

Sementara itu, jumlah kasus positif Covid-19 di NTT juga mengalami peningkatan per Kamis (22/7). Pada hari itu, jumlah kasus baru yang ada ialah sebanyak 1.021 kasus.

Dengan penambahan jumlah kasus tersebut, total kasus konfirmasi positif di NTT saat ini ialah sebanyak 33.992 kasus. Adapun daerah yang jadi penyumbang terbanyak ialah Manggarai Timur, yakni sebesar 291 kasus.

Setelah itu Kota Kupang, yakni sebanyak 129 kasus. Kabupaten Ngada dengan 119 kasus dan Kabupaten Manggarai Barat dengan 104 kasus. Selain itu, pertambahan kasus baru juga terjadi di Kabupaten Nagekeo sebanyak 79 kasus, TTS dengan 49 kasus, Ende dengan 43 kasus.

Baca juga: Ternyata Ini Syaratnya Kalau Ingin Kebijakan PPKM Tidak Diperpanjang Lagi

Juga ada di Sabu Raijua dengan jumlah 40 kasus. Sumba Timur dengan 36 Kasus. Kabupaten Kupang dan Rote Ndao dengan masing-masing 26 kasus.

Selanjutnya, Kabupaten Sumba Tengah dengan 24 kasus. Kabupaten Flotim dengan 17 kasus. Kabupaten Belu dengan 14 kasus. Kabupaten Lembata ada 11 kasus. Kabupaten Malaka ada 8 kasus dan Kabupaten Sumba Barat Daya ada 5 kasus.

Jumlah tersebut diperoleh dari hasil pemeriksaan terhadap 2.376 spesimen, yang dilakukan di sejumlah labolatorium di NTT.

Jumlah Vaksin Covid-19 Harus Ditambah

Dengan melihat perkembangan jumlah kasus tersebut di atas, Pemerintah Pusat diminta untuk segera kirimkan tambahan jumlah vaksin Covid-19 ke wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT).

Hal itu sangat penting mengingat sejauh ini masih banyak warga NTT yang belum mendapatkan vaksin.

Baca juga: Sedih, Dosen IPB Ini Meninggal Dunia Diduga Karena Tertular Covid-19 di NTT

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 NTT Marianus Ardu Jelamu mengungkapkan, saat ini, jumlah warga yang sudah mendapatkan vaksin di wilayah tersebut baru menyentuh angka 700 ribu.

Sementara, pemerintah provinsi menargetkan bahwa warga NTT yang wajib divaksin harus mencapai 3,8 juta orang.

Jelamu mengatakan, pihaknya sendiri memang sudah mengirimkan permintaan tambahan vaksin kepada pemerintah pusat. “Kita sudah minta Pemerintah Pusat untuk tambahan vaksin,” ungkap Jelamu di Kupang, Jumat (23/7).*