Sejumlah Kemiripan Planet Mars dengan Planet Bumi

Sejumlah Kemiripan Planet Mars dengan Planet Bumi

JAKARTA, dawainusa.com – Dari hasil penelitian yang dilakukan para ilmuwan, salah satu planet di dalam tata surya ini yang mirip dengan Planet Bumi ialah Planet Mars.

Planet yang terletak pada urutan keempat dari Matahari di dalam sistem tata surya ini diketahui memiliki berbagai ciri yang sangat mirip dengan ciri yang dimiliki oleh Planet Bumi.

Dengan keberadaannya yang seperti itu, planet ini telah ditargetkan oleh para ilmuwan akan menjadi tempat tinggal alternatif bagi manusia di masa depan. Kondisi ini juga telah memicu para ilmuwan untuk terus melakukan berbagai penelitan agar bisa memenuhi impian tersebut.

Lalu, apa saja yang menjadi kesamaan antara Planet Bumi dengan Planet Mars itu sehingga dimungkinkan untuk dijadikan sebagai tempat tinggal alternatif seperti yang dimpikan oleh para ilmuwan tersebut?

Kemiripan Planet Bumi dengan Planet Mars

Berikut merupakan beberapa ciri yang dimiliki oleh Planet Mars yang mirip dengan yang ada di Planet Bumi dilansir Listverse.

1. Mars Memiliki Empat Musim

Seperti Bumi, Mars merupakan planet yang memiliki empat musim. Akan tetapi, tidak seperti di Bumi yang satu musim berdurasi 3 bulan, di planet ini durasi setiap musim sangat tergantung dengan belahan Mars mana.

Untuk satu tahun di Mars lamanya sekitar 687 hari, dan durasi musim berbeda di tiap belahannya. Pada bagian utara planet ini, musim semi berjalan selama 7 bulan, musim panas selama 6 bulan, musim gugur selama 5,3 bulan, serta musim dingin selama 4 bulan.

Selain itu, temperatur per musimnya pun berbeda di setiap belahan. Seperti di bagian utara, musim panas pun bisa sangat dingin hingga mencapai angka minimum, yakni 20 derajat Celcius.

Sementara untuk belahan Mars bagian bawah, temperatur sekitar 30 derajat Celcius sama seperti di negara tropis seperti Tanah Air. Perbedaan temperatur ekstrem seperti ini menjadikan Planet Merah ini sering mengalami badai.

Planet Mars

Planet Mars & Bumi – ist

2. Mars Memiliki Aurora

Cahaya warna-warni yang biasa kita lihat di belahan utara Bumi yang biasa disebut dengan aurora ternyata tidak hanya terdapat di Bumi. Aurora tersebut ternyata juga biasa muncul di planet lain seperti Mars.

Akan tetapi, berbeda dengan aurora yang muncul di Bumi, aurora di Planet Mars terdiri dari cahaya ultraviolet dan karena itu keindahannya tidak bisa dinikmati dengan mata manusia.

3. Satu Hari di Mars Mirip Satu Hari di Bumi

Dalam ilmu pengetahuan alam atau IPA, satu hari dihitung dari berapa lama sebuah planet berputar pada porosnya atau disebut rotasi.

Dalam teorinya, jika sebuah planet mengitari matahari atau biasa disebut dengan revolusi lebih lama, waktu rotasinya pun lebih lama. Jika waktu rotasi Bumi adalah 24 jam, di Mars hanya sedikit lebih panjang yakni 24 jam lebih 40 menit.

Kehidupan di Mars

Kondisi di Mars – ist

4. Mars Memiliki Air

Salah satu harapan yang membuat para ilmuwan optimis dan sangat ngotot untuk membuat Mars sebagai “Bumi kedua” karena mereka menemukan bahwa di planet ini terdapat air. Penemuan ini sudah terjadi berkali-kali.

Akan tetapi, berbeda dengan di bumi yang tanpa tergantung pada musim, air di Planet Mars hanya tersedia ketika planet tersebut mengalami musim panas.

Hal itu terjadi karena di saat musim dingin, air di planet Merah ini membeku. Uniknya, Mars memiliki air yang mengalir layaknya di sungai. Sejauh ini, kondisi tersebut masih membuat banyak ilmuwan kebingungan.

5. Tumbuhan Bisa Hidup di Tanah Mars

Dari hasil penelitiannya, NASA percaya bahwa tumbuhan bisa hidup di Mars. Dalam sebuah eksperimen yang diadakan oleh NASA di bawah kerja sama dengan International Potato Center di Peru, mereka berhasil menanam kentang di sebuah kotak dengan tanah dan iklim yang diserupakan dengan yang ada di Mars.

Meski demikian, tanah yang diserupakan tersebut adalah tanah Bumi dan bukan tanah asli Mars. Penelitian serupa juga telah dilakukan oleh para peneliti di Belanda pada 2016 lalu.

Mereka berhasil memanen tomat di medium tanah Mars dan tanah Bulan. Tim dari Wageningen University and Reseach Centre tersebut mengungkapkan bahwa tanah ini adalah tanah buatan, yang sebenarnya hanya dibuat menyerupai struktur tanah di Planet Merah tersebut.

Karena penelitiannya masih dari berbagai unsur yang ada di bumi, tentu prediksi ini masih belum dapat dipastikan kebenarannya. Meski demikian, Mars juga memiliki potensi yang baik untuk hal itu, asalkan dipersiapkan dan diberi air dengan baik.

Keberadaan di Mars

Keberadaan di Mars – ist

6. Hanya Bumi dan Mars yang Bisa Dihuni

Seperti diketahui, berbagai planet yang ada dalam sistem tata surya ini terdiri dari planet gas dan non gas. Planet yang termasuk dalam planet gas ialah Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Semua planet tersebut tidak bisa dihuni karena tak ada daratan dan atmosfernya beracun.

Planet lain seperti Merkurius, Venus, dan Mars juga memiliki ciri yang berbeda. Merkurius diketahui memiliki temperatur yang sangat panas karena planet ini sangat dekat dengan matahari.

Venus pun juga lebih panas, karena atmosfernya bisa mengurung panas. Atmosfer Venus sangat tebal sehingga benda apapun yang masuk ke dalamnya pasti hancur.

Sementara untuk Mars, dengan berbagai ciri yang telah disebutkan, kemungkinan besar, manusia dan berbagai jenis mahluk hidup sangat bisa hidup di dalamnya.*