Sandiaga Uno: Debat Capres-Cawapres Jangan Seperti Cerdas Cermat

Sandiaga Uno: Debat Capres-Cawapres Jangan Seperti Cerdas Cermat

BLITAR, dawainusa.com – Calon wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 02, Sandiaga Uno berharap agar debat Capres-Cawapres yang akan diselenggarakan oleh KPU mulai Januari 2019 mendatang tidak menjadi ajang seperti cerdas cermat.

Dalam safari politiknya di Blitar, Rabu (19/12) malam, Sandiaga mengungkapkan, ia berharap agar debat Capres-Cawapres nanti tidak menjadi ajang saling serang tetapi lebih sebagai media untuk penyampaian visi-misi sehingga mencerahkan masyarakat.

“Kami siapkan agar debat ini tidak menjadi ajang saling serang, jangan jadi ajang seperti cerdas cermat, tapi peluang ke masing-masing pasangan calon mengutarakan visi misi,” ungkapnya seperti dilansir Republika.

Baca jugaPrabowo: Kalau Kita Kalah, Indonesia Bisa Punah

Sandiaga juga ingin agar dalam debat Capres-Cawapres mendatang, KPU dapat memberikan format yang berbeda. Dengan demikian, ia dengan pasangannya Prabowo Subianto, serta Joko Widodo dan KH. Makruf Amin bisa merasa lebih nyaman.

“Karena Pak Kiai, Pak Presiden, saya dan Pak Prabowo akan lebih nyaman dalam setting yang baru dan inovasi, supaya jangan terjebak dengan aksi debat yang tidak mencerminkan jati diri bangsa, kearifan,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, selain terkait debat Capres-Cawapres, Sandiga juga menyampaikan harapannya agar Pemilu Presiden 2019 nanti tidak menjadi saling permusuhan, melainkan kesempatan untuk dapat saling menyatukan gagasan demi kemajuan bangsa.

Dalam safari politiknya di Blitar, Sandiga sempat berziarah ke makam mantan Presiden Soekarno di Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sanan Wetan, Kota Blitar.

Mantan Wakil Gubernur Jakarta tersebut juga bertemu para pengusaha ternak ayam di Kecamatan Kademangan, bertemu dengan para pendukung di Kecamatan Srengat, serta bertemu dengan para tokoh hingga pengusaha di Kabupaten Tulungagung.

Jadwal dan Tema Debat Capres-Cawapres 2019

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah memutuskan bahwa debat Capres-Cawapres 2019 mendatang akan dilangsungkan sebanyak lima kali di DKI Jakarta.

Baca jugaMenagih Janji Kampanye Damai Jokowi-JK dan Prabowo-Sandi

Dilansir Tribunnews, rencana debat itu telah disusun KPU bersama dengan tim kampanye pasangan calon presiden dan wakil presiden dalam Rapat Persiapan Debat Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Pemilu Pemilu 2019 yang digelar di ruang sidang utama Lt 2 KPU RI, Menteng, Jakarta, Rabu (19/12).

“Debat digelar lima kali. Debat berlokasi di Jakarta. Durasi debat 120 menit (2 jam,-red),” ujar Ketua KPU RI, Arief Budiman, Rabu (19/12).

Berikut Jadwal dan tema debat Capres-Cawapres 2019:

Debat I

Waktu: 17 Januari 2019

Lokasi: Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan

Tema: Hukum, HAM, Korupsi, dan Terorisme

Peserta: Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden

Debat II

Waktu: 17 Februari 2019

Lokasi: Hotel Fairmont, Senayan

Tema: Energi, pangan, infrastruktur, sumber daya alam, lingkungan hidup

Peserta: Calon presiden

Debat III

Waktu: 17 Maret 2019

Lokasi: Hotel Sultan, Senayan

Tema: Pendidikan kesehatan, ketenagakerjaan, sosial dan budaya

Peserta: Calon wakil presiden

Debat IV

Waktu: 30 Maret 2019

Lokasi: Balai Sudirman, Tebet

Tema: Ideologi, pemerintahan keamanan serta hubungan internasional

Peserta: Calon presiden

Debat V

Waktu: Belum ditentukan

Lokasi: Hotel Bidakara, Pancoran

Tema: Ekonomi dan kesejahteraan sosial, keuangan, investasi, serta industri.

Peserta: Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden*

COMMENTS