Respon Roy Suryo atas Upaya Mediasi Menpora Imam Nahrawi

Respon Roy Suryo atas Upaya Mediasi Menpora Imam Nahrawi

JAKARTA, dawainusa.com – Mantan Menteri Pemuda Olahraga (Menpora) Roy Suryo melalui kuasa hukumnya Tigor Simatupang menegaskan, pihaknya belum memberikan jawaban soal upaya mediasi Menpora Imam Nahrawi. Pasalnya, Roy Suryo masih berada di luar kota.

Diketahui, upaya mediasi tersebut erat kaitannya dengan dugaan barang milik negara yang belum dikembalikan oleh mantan Menpora Suryo. Menurut Tigor, upaya mediasi bisa dilakukan atas kehendak kedua belah pihak yang sedang berada dalam perselisihan atau suatu perkara.

Baca juga: Roy Suryo Bantah Kuasai 3.226 Unit Barang Milik Negara

Roy Suryo pun belum memberikan konfirmasi soal upaya dari menteri pemuda dan olahraga. Karena itu, kepastian soal mediasi tersebut belum diketahui.

“Kita harus tanya dulu sama orangnya, orangnya juga nggak ada di Jakarta. Kalau sudah ditanya misalkan ‘oke pertemuannya’, atau saya yang pergi atau bagaimana,” ujar Tigor di Jakarta, Jumat (7/9).

Tigor juga menyampaikan, saat ini Roy Suryo sedang berada di luar kota. Adapun kepastian soal pelaksana mediasi tersebut menunggu setelah yang bersangkutan kembali berada di Ibu Kota, Jakarta.

“Kan lagi rapim di Sumbar, masa urusan gini di telepon, masa dikit-dikit telepon. Belum tahu kapan pulang, mungkin Senin,” ungkap Tigor.

Upaya Mediasi atas Inisiatif Menpora Iman Nahrawi

Sementara itu, Sekretaris Kemenpora Gatot S Dewa Broto menjelaskan, upaya mediasi dengan mantan menpora Roy Suryo merupakan inisiatif sendiri dari Menteri Pemuda dan Olahraga. Ia sendiri menerima surat tugas dari menpora terkait dengan upaya mediasi tersebut.

“Pak Menteri kemarin ada usul yang bagus, memerintahkan kepada kami, kepada saya, untuk segera mempertemukan Pak Menpora dengan Pak Roy Suryo. Jadi duduk bareng,” ungkap Gatot.

Ia juga mengatakan, Menpora Iman Nahrowi tidak ingin seluruh jajaran Kementerian Pemuda dan Olahraga larut dalam kesuksesan setelah pelaksanaan Asian Games. Semua masalah yang berkaitan dengan kerja Kementerian Pemuda dan Olahraga diselesaikan dengan baik. Tidak semua masalah harus diselesaikan dengan jalur hukum.

Baca juga: Daftar Aset Negara yang Diduga Dibawa Roy Suryo

“Tadi Pak Menteri mengatakan jangan sampai euforia kesuksesan, suasana kegembiraan Asian Games ini juga malah larut ke dalam isu-isu yang lain. Itu saja poinnya. Tapi kalau bisa, kita selesaikan secara baik-baik,” demikian ia menjelaskan.

Kemenpora sendiri telah memberikan surat kepada Roy Suryo dengan tujuan agar mengembalikan barang milik negara yang belum dikembalikan oleh mantan Menpora itu. Jumlah barang tersebut yakni sebanyak 3.226 unit.

Adapun anggota III BPK Achsanul Qosasi menjelaskan, pihaknya telah mengirimkan daftar barang-barang milik negara yang harus dikembalikan oleh mantan Menpora Roy Suryo. Mekanisme pengembalian barang tersebut dilakukan berdasarkan hasil pemeriksaan BPK di Kemenpora.*