Reaksi Mengejutkan Sandiaga Ketika Disebut Politisi Kemarin Sore

Reaksi Mengejutkan Sandiaga Ketika Disebut Politisi Kemarin Sore

JAKARTA, dawainusa.com Video badan pemenangan Prabowo-Sandiaga masih menuai sejumlah polemik. Video yang membandingkan Sandiaga dan Bung Hatta tersebut hingga kini terus disoroti cucu Bung Hatta, Gustika Jusuf Hatta.

Selain karena sosok Bung Hatta yang sangat berbeda jauh dengan Sandiaga, Gustika melihat Sandiaga sebagai politikus kamarin sore. Menanggapi hal tersebut, Sandiaga Uno tidak marah. Ia justru membenarkan predikat yang diberikan oleh Gustika itu.

“Betul. Saya politikus kemarin sore. Setuju sama Gustika. Saya baru masuk 2015,” kata Sandiaga Uno di Saung Rawa Lele, Kalideres, Jakarta Barat, Sabtu (27/10).

Baca juga: ‘Masuk Pak Eko’, Ketika Ma’ruf Amin Mengaku Masih Muda

Sandiaga mengungkapkan bahwa sosoknya bukan menjadi sesuatu hal yang penting diperdebatkan usai disebut sama dengan Bung Hatta.

Akan tetapi Sandiaga Uno lebih ingin diperhatikan, karena memperjuangkan ekonomi kerakyatan yang berlandaskan pasal 33 Undang-Undang Dasar. Menurutnya azas ekonomi kerakyatan seperti itu merupakan hasil inspirasi dari ideologi-ideologi Bung Hatta.

“Bahwa usaha Indonesia layaknya diatur konsep usaha bersama berazaskan kekeluargaan. Digital ekonomi mulai dari pasal 33. Nah itu konsep bung Hatta yang lepas dari diskursus kita malah nyalahin politikus kemarin sore,” pungkasnya.

Cucu Bung Htta

Gustika Jusuf Hatta. – ist

Sejumlah Sorotan Petahana

Sejumlah sorotan sebelumnya muncul dari kubu petahana. Jubir pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin, Tubagus Ace Hasan Syadzily, misalnya. Ace menilai, untuk menyamakan orang itu harus dilihat secara objektif.

Menurutnya, Bung Hatta merupakan sosok pejuang kemerdekaan yang juga seorang pemikir, memiliki latar belakang aktivitas pergerakan. Karakter itu sangat berbeda dengan Sandiaga.

Baca juga: ‘Masuk Pak Eko’, Ketika Ma’ruf Amin Mengaku Masih Muda

“Nah, sekarang mau dibandingkan dengan seorang Sandiaga Uno yang tidak sama sekali memiliki track record, background sebagai ahli pemikir, ahli filsafat, tokoh pergerakan, aktivis. Sekarang mau dibandingkan, ya jauh lah,” ujar Ace seperti dikutip detikcom, Kamis (25/10).

Ace mengatakan, Bung Hatta sejak muda dan menempuh pendidikan di Belanda sudah menjadi tokoh pergerakan Indonesia. Bung Hatta juga menghasilkan banyak karya tentang pemikiran ekonomi.

“Sedangkan apa yang dihasilkan seorang Sandiaga Uno? Baik dari segi pemikiran, maupun konsep ekonomi yang betul-betul bisa diterapkan untuk ekonomi yang berbabasis kepada koperasi,” katanya.

Sekjen Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Raja Juli Antoni sempat berkomentar. Antoni bahkan mengibaratkan Bung Hatta dengan Sandi bagaikan langit dan bumi. Antoni menyebut tim Prabowo-Sandi tidak memahami sejarah. Ia juga menyarankan kubu lawan untuk membaca ulang buku sejarah, terutama tentang sosok Bung Hatta.*