Rayakan Hari Ibu, Jokowi: Mama-mama Papua Perempuan Indonesia

Rayakan Hari Ibu, Jokowi: Mama-mama Papua Perempuan Indonesia

Presiden Jokowi dalam kegiatan peringatan Hari Ibu Nasional yang ke-89 di Raja Ampat, Papua menuturkan bahwa peringatan Hari Ibu Nasioal juga memperingati mama-mama Papua. (Ilustrasi)

PAPUA, dawainusa.com – Presiden Jokowi dalam kegiatan peringatan Hari Ibu Nasional yang ke-89 di Raja Ampat, Papua menuturkan bahwa peringatan Hari Ibu Nasioal juga memperingati mama-mama Papua.

“Sebab, mama-mama Papua perempuan Indonesia, karena Papua Indonesia,” kata Presiden sebagaimana dilansir antaranews.com, Jumat, (22/12).

Mantan Gubernur DKI Jakarta (2012-2014) menambahkan, peringatan Hari Ibu Nasional pada tahun 2017 yang mengusung tema “Perempuan Berdaya, Indoesia Jaya” sangat istimewa karena penting bagi perempuan Indonesia serta bagi negara dan bangsa.

Baca juga: Menteri Susi: Yang Hari ini Enggak Ingat Ibunya, Tenggelamkan!

“Sebab, perempuan Indonesia turut bekerja dalam kemerdekaan Indonesia. Perempuan Indonesia harus semakin berdaya. Untuk itu, saya menyambut baik tema Hari Ibu ini, Perempuan Berdaya, Indonesia Jaya,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, mantan Wali Kota Solo juga mengaku bangga bahwa selama rezim banyak kaum perempuan yang masuk dalam Kabinet Kerja. “Jadi, di Kabinet Kerja, sekarang ini ada sembilan perempuan menteri dan Indonesia adalah salah satu negara di dunia dengan perempuan menteri terbanyak,” ungkapnya.

Tanah adalah Ibu Bumi

Sementara itu, Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Siti Nurbaya Bakar memberi pesan untuk menjaga alam sebagai bentuk menjaga ibu.

Salah satu menteri perempuan dalam lingkup Kabinet Kerja itu menyampaikan pesan tersebut saat kunjungan ke Papua untuk menghadiri peringatan Hari Ibu bersama Presiden Jokowi. Rencananya juga akan ada agenda membaca puisi, bersama dengan para menteri perempuan lainnya di kabinet kerja.

Baca juga: Pilkada 2018: Sejumlah Jendral Turun Gelanggang, Tetap Waspada Benih Militeristik

“Saya memberikan apresiasi yang tinggi kepada masyarakat yang telah menjaga Hutan dan Laut. Terkhusus kepada masyarakat Papua, yang telah lama mengajarkan keyakinan pada kita semua, bahwa Tanah adalah Ibu bumi. Gunung adalah Kepala Ibu. Dataran rendah adalah Tubuh Ibu. Laut adalah Kaki Ibu. Sungai adalah Darah Ibu,” tulis Menteri Siti Nurbaya di laman media sosialnya, Jumat (22/12/2017), sebagaiman dilansir rri.co.id, Jumat (22/11).

Postingan Menteri Siti dilengkapi dengan gambar dirinya yang sedang menatap dan menikmati alam Raja Ampat, Papua yang memesona.

Ada pun sembilan srikandi negeri yang masuk dalam Kabinet Kerja, yakni Sri Mulyani Indrawati (Menteri Keuangan), Siti Nurbaya Bakar (Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup), Ibu Susi Pudjiastuti (Menteri Kelautan dan Perikanan).

Selain itu, ada nama Puan Maharani (Menko Pembangunan Manusia dan Budaya), Retno LP Marsudi (Menteri Luar Negeri), Rini Soemarno (Menteri BUMN), Khofifah Indar Parawansa (Menteri Sosial), dan Prof Yohana Yembise (Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak).* (RSF)