Dawainusa.com – Setiap wanita tentu ingin tampil cantik dan memukau. Tetapi, tidak semua tren rias wajah patut dituruti. Sebab, sejumlah tren tertentu justru bisa membuat wajah tampak lebih tua daripada usia sebenarnya.

Bagi wanita berusia di atas 40 tahun, hukum tersebut berlaku lebih ketat. Dilansir Sheknows, berikut ini adalah sejumlah tren yang sebaiknya dihindari agar tetap tampil cantik.

Alas Bedak

Tampil Cantik dengan Alas Bedak
Yuni Shara – @yunishara36

Perempuan berumur sebaiknya menghindari krim alas bedak kental. Sebab, alas bedak tebal bisa memperjelas garis-garis halus pada wajah. Alas bedak cair atau luminous foundation merupakan pilihan terbaik untuk kulit dewasa.

Setelah itu, bubuhkan concealer berbasis silikon di titik-titik tertentu yang bermasalah. Misalnya bintik hitam, masalah pigmentasi, atau lingkaran hitam di bawah mata.

Coba gunakan primer untuk membantu membuat alas bedak terlihat bercahaya, menutupi garis-garis halus, memperkecil penampakan pori dan menutupi ketidaksempurnaan wajah. Aplikasikan primer setelah mengoleskan pelembap dan sebelum membubuhkan alas bedak.

Baca jugaWanita Bertubuh Montok, Jaminan Anak Cerdas

Rias mata

Riasan Mata Cantik Usia 40 tahun
Yuni Shara – @yunishara36

Eyeliner tebal dan rias mata smoky eye tidak direkomendasikan bagi perempuan berusia 40 tahunan. Sebab, pertambahan usia memperlemah kolagen di sekitar mata, menyebabkan kelopak mata turun dan lingkaran di bawah mata.

Sebaiknya, bingkai mata dengan garis tipis dan tarik sedikit ujungnya ke atas, guna memberikan efek kelopak mata terlihat naik.

Untuk eyeshadow, hindari nuansa gelap karena akan memperjelas kerutan. Aplikasikan warna pink terang, peach terang, atau cream dalam nuansa matte. Shimmer eyeshadow hanya akan menunjukkan garis-garis halus pada kelopak mata.

Selain itu, bulu mata palsu non-permanen adalah cara terbaik untuk tampil cantik dengan kesan mata yang terlihat hidup dan berbinar.

Baca juga5 Hal yang Diam-diam Dibutuhkan Pria dari Pasangannya

Bibir

Lipstik untuk bibir wanita 40 tahun
Yuni Shara, 47 tahun – @yunishara36

Tampil cantik dengan bibir merah tak lekang oleh waktu dan usia. Lipstik merah mengilap tampak mengagumkan pada gadis berusia 20-30 tahun ke atas. Sedangkan, liptik merah bersinar terlihat menawan pada perempuan berusia 40 tahun ke atas.

Hindari lipstik bernuansa matte, karena cenderung mempertegas garis pada bibir dan terlihat kering. Anda pun bisa tampak lebih tua dibuatnya.*