Pulau Sumba di NTT Terpilih Sebagai Pulau Terbaik Dunia

Pulau Sumba di NTT Terpilih Sebagai Pulau Terbaik Dunia

Majalah 'Fokus' di Jerman merilis, pulau Sumba di Nusa Tenggara Timur (NTT) terpilih sebagai pulau terbaik di dunia saat ini. (Foto: Humbaailulu - IG @Bocahsawah).

KUPANG, dawainusa.com Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur (NTT), terpilih sebagai pulau terbaik di dunia dalam pemberitaan versi majalah ‘Fokus’ di Jerman. Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Timur, Marius Ardu Jelamu di Kupang, Senin (26/2).

“Kami berterima kasih dan apresiasi tinggi terhadap majalah ‘Fokus’ di Jerman yang belum lama ini memilih Sumba sebagai pulau terindah di dunia, the best beautiful island in the world,” ujar Marius.

Sebuah artikel  berjudul Sumba gehrt zu den 33 schnsten Inseln der Welt  (Focus 17. February 2018, Seite 116) memiliki arti, “Sumba, Bukan Nama Sebuah Tarian, tapi Sebuah Mimpi” menuliskan tentang keindahan pulau ini.

Baca juga: Selamat Datang di Desa Kami, Pak!

Menurut Marius, kekayaan alam dan budaya yang berlimpah merupakan alasan majalah internasional dengan oplah penjualan mencapai 5 juta buah yang disebarkan ke berbagai negara itu memilih Sumba sebagai pulau terbaik dunia. Majalah Focus juga merupakan satu dari tiga majalah mingguan terkemuka di Jerman.

Selain itu, lanjut dia, pulau Sumba memiliki kekayaan wisata megalitik serta berbagai produk budaya seperti tenun ikat, rumah adat serta budaya berkuda pasola yang sudah tersohor. Pulau Sumba memiliki keindahan padang sabana yang luas yang jarang ditemukan di dunia serta alam laut dan pantai yang sangat eksotis.

“Lembaga internasional bird life juga telah menetapkan kawasan Taman Nasional Matalawa di Sumba sebagai important bird area karena ada 10 jenis burung endemik yang hidup di sana,” kata Marius.

Upaya Promosi Pariwisata Membaik

Pada kesempatan yang sama, Marius mengatakan, semakin dikenalnya Sumba sebagai daerah wisata unggulan di Provinsi yang berbasis kepulauan itu menunjukkan upaya promosi dan pemasaran melalui kegiatan pariwisata sudah mulai membuahkan hasil.

“Artinya branding yang kita jual untuk pengembangan pariwisata di Sumba melalui kegiatan ini sudah menunjukkan hasil positif karena sudah menyita perhatian masyarakat mancanegara,” ungkapnya.

Baca juga: Pada 2017, Wisata Komodo Raup Pendapatan Sebesar Rp 29,1 Miliar

Ia menambahkan, riset ilmiah yang dilakukan bersama perguruan tinggi setempat juga menunjukkan bahwa pulau Sumba sudah menjadi pilihan kedua untuk tujuan wisata ke NTT setelah Taman Nasional Komodo di Labuan Bajo, Pulau Flores.

“Memang sebelumnya minat kunjungan Wisatawan setelah Taman Nasional Komodo yaitu ke Kelimutu Kabupaten Ende, namun sekarang pilihannya sudah beralih ke Sumba,” kata Marius.

Ia kemudian memastikan pemerintah daerah akan terus berkoordinasi meningkatkan promosi potensi pariwisata, tidak hanya di Sumba tetapi juga di daerah lain di wilayah NTT karena masing-masing telah didukung dengan potensi wisata yang beraneka ragam.

Fakta Kecantikan Pulau Sumba

Pulau Sumba berbatasan langsung dengan Pulau Sumbawa, Pulau Timor, Pulau Flores, dan Australia. Pulau seluas 10.710 km2 ini menyimpan begitu banyak potensi alam sebagai destinasi wisata

Mulai pantai hingga perbukitan, pulau Sumba selalu menawarkan keindahan yang sama, yang menjadi surga tersembunyi di kepulauan Nusa Tenggara.

Baca juga: Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak; Patriarki dan Mitos Pada Tubuh Perempuan

Berikut fakta tentang pulau cantik bernama pulau Sumba.

Hotel Nihiwatu

Hotel Nihiwatu terpilih menjadi hotel terbaik di dunia tahun 2016 dan 2017 oleh majalah wisata Amerika Serikat, Travel+Leisure. Nihiwatu yang terletak di pulau Sumba itu didaulat sebagai hotel terbaik nomor 1 dari ajang World’s Best Travel Awards 2016.

Sedangkan pada tahun 2017, Nihiwatu kembali menjadi hotel terbaik.  Nihiwatu mengalahkan deretan hotel bergengsi di AS, Selandia Baru, Australia, serta Ekuador dan Cile.

Hotel Nihiwatu Sumba – IG @childsphotos @kellywearstler

Hotel Nihiwatu Sumba – IG @readmckendree

Danau Weekuri

Danau Weekuri merupakan danau air asin satu-satunya di Indonesia. Danau yang memiliki air bening berwarna kehijauan ini berada di kawasan Kodi Utara, Sumba Barat Daya.

Danau air asin tersebut dikelilingi batu karang. Air asin dipercaya keluar dari sela-sela batu karang yang berbatasan langsung dengan laut.

Danau Weekuri Sumba – IG @theodoreandy

Pengunjung Danau Weekuri – @nadyamaudy

Lokasi Syuting Beberapa Film Indonesia

Ada beberapa film Indonesia yang mengambil lokasi syuting di Pulau Sumba. Diantaranya adalah film laga “Pendekar Tongkat Emas” garapan Mira Lesmana dan Riri Riza yang tayang akhir 2014 lalu.

Pendekar Tongkat Emas – Miles Films

Selanjutnya ada film “Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak” atau Marlina the Murderer in Four yang diperankan Marsha Timothi.

Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak – IG @marshatimothy

Selain dua film diatas, film komedi yang disutradarai oleh Ernest Prakasa “Susah Sinyal” juga mengambil lokasi syuting di Sumba.

Susah Sinyal – IG @teamadinia

Pasola

Disamping Nihiwatu, atraksi perang tradisional melempar lembing dari atas punggung kuda yaitu Pasola juga dinobatkan sebagai Runner-Up kategori atraksi budaya terpopuler. Anugerah bergengsi tersebut diberikan oleh majalah wisata Travel+Leisure.

Pasola Sumba – IG @adventurefestid