Pramugari Ini Dipecat Gara-Gara Dilamar Kekasihnya Saat Penerbangan

Pramugari Ini Dipecat Gara-Gara Dilamar Kekasihnya Saat Penerbangan

BEIJING, dawainusa.com Seorang pramugari maskapai China Eastern Airline dipecat gara-gara dilamar kekasihnya saat penerbangan.

Dilansir dari Asia One pada Kamis (13/9), moment Pramugari dilamar kekasihnya itu pertama kali diketahui dari sebuah video yang viral pada Mei lalu.

Video tersebut memperlihatkan seorang pria yang berlutut di hadapan seorang pramugari. Rupanya, pria tersebut melamar kekasihnya di hadapan seluruh penumpang pesawat selama penerbangan dari Xi An menuju Yinchuan.

Baca juga: Bocah Ini Dilarang ke Sekolah Karena Gaya Rambutnya Berbahaya

“Saya sungguh tidak tahu kekasih saya akan melamar saya pada penerbangan ini, terima kasih telah menjadi saksi saya,” ucap pramugari melalui sistem mikrofon pesawat.

Dalam video yang diunggah di YouTube itu terdengar suara penumpang. Dia tersentuh oleh keromantisan momen yang diambil sekitar 1,5 jam setelah pesawat lepas landas.

Kendati banyak mendapat pujian dari penumpang, pasangan tersebut justru tidak menuai reaksi yang sama dari perusahaan maskapai.

Berdasarkan laporan Liaoning TV pada Senin lalu, manajemen perusahaan memecat pramugari karena dianggap membahayakan keselamatan penumpang.

Manajemen perusahaan menyatakan, melamar di tengah penerbangan menyebabkan gangguan dan tidak bertanggung jawab.

Masalah pemecatan tersebut menjadi bahan perbincangan warganet di China. Mereka menilai kebijakan maskapai terlalu ketat dan tidak berperasaan, terlebih sang pramugari tak mengetahui rencana kekasihnya.

Sementara yang lain merasa urusan pribadi seseorang tak boleh dibawa dalam ranah pekerjaan, terutama yang melibatkan keselamatan publik.

Masih Di Cina, Pramugari Diskors Gara-Gara Makan Makanan Sisa Penumpang

Sebelumnya kejadian yang hampir sama pernah juga terjadi di Beijing, Cina pada tahun 2017 kemarin. Namun dalam peristiwa ini sang prmugari tidak sampai dipecat melainkan hanya di skors.

Pemicu sang prumugari diskors adalah ia terekam video sedang memakan makanan yang ditinggalkan penumpang.

Video itu menampil ada sekitar 15 kotak makanan yang ditumpuk, kemudian pramugari itu mengambil sedikit sisa makanan dan memakannya.

Baca juga: Reaksi Gadis Pekerja Klub Malam Usai Mendengar Dakwah Gus Miftah

Setelah viral di dunia maya, Urumqi Air, sebuah maskapai bertarif murah yang bermarkas di Xinjiang, China, mengunggah pernyataan dan mengatakan pramugari tersebut adalah karyawan mereka.

Dalam pernyataannya, maskapai itu menyebut makanan tersebut memang makanan sisa dan petugas dianggap tidak menangani makanan tersebut secara benar.

Maskapai menambahkan pihaknya hanya ingin memastikan stafnya mematuhi prosedur penanganan makanan sisa untuk menghindari insiden serupa terjadi di masa mendatang.

Namun sikap yang diambil pihak maskapai menuai berbagai tanggapan. Ada yang menyebut sikap maskapai dengan menjatuhkan sanksi berlebihan.

“Karena jumlah makanan yang berlebih dan akan dibuang apa salahnya dia memakanya? Yang aneh justru adalah orang yang diam-diam merekamnya,” tulis salah satu komentar dikutip SCMP.

Hal-Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Pramugari Saat Penerbangan

Terlepas dari dua soal di atas, apakah melanggar aturan penerbangan atau tidak, berikut beberapa hal penting yang tidak boleh dilakukan oleh pramugari saat penerbangan yang dikutip dari laman resmi Pendaftaran Pramugari.

Memindahkan tempat duduk penumpang

Peraturan ini muncul akibat terjadinya kasus-kasus pembunuhan berencana yang ada di pesawat. Dengan bagaimanapun penumpang meminta pramugari untuk memindahkan tempat duduknya dengan tempat duduk yang lain dengan alasan ingin bersama, pramugari tetap tidak boleh memindahkan tempat duduk penumpang dari tempat duduk yang sesuai pada boarding pass. kecuali jika antara kedua penumpang itu menyetujui nya.

Melarang Penumpang Yang ingin berfoto dengan pilot diruangannya

Melarang penumpang berfoto dengan pilot bisa meminimalisir terjadinya pembajakan pesawat. Maka dari seorang pramugari tidak boleh untuk mengantarkan penumpannya untuk menemui pilot dengan alasan untuk foto bersama.

Penumpang juga diharapkan harus memaklumi nya agar tidak terjadi pembajakan pembajakan lagi dan tidak terjadi hal yang merugikan.

Memberikan Obat Pribadi Kepada Penumpang

Pada setiap penerbangan pasti selalu ada persediaan first aid kit dan doctors kit. Terkadang banyak juga penumpang yang  meminta pramugari obat (sakit perut, sakit kepala).

Sebagai pramugari harus mengetahui peraturan ini, bahwa seorang pramugari dilarang untuk memberikan obat obatan pribadi kepada penumpang peraturan ini ada karena untuk menghindari adanya tuntutan bahwa sakit nya menjadi parah karena obat yang diberikan pramugari.

Memberikan makanan pribadi

Seperti dengan tidak boleh memberikan obat pribadi kepada penumpang, hal ini dilakukan juga karena pihak maskapai menghindari adanya tuntutan kejadian yang dialami oleh penumpang.*