Piala Dunia 2018, Berikut Fakta Menarik Jelang Duel Portugal versus Uruguay

Piala Dunia 2018, Berikut Fakta Menarik Jelang Duel Portugal versus Uruguay

Tim Nasional Uruguay akan berhadapan dengan Tim Nasional Portugal pada laga yang akan digelar di Stadion Olimpiade Fisht, Sochi, Minggu (1/7) pukul 01.00 WIB dini hari. (Foto: Timnas Uruguay & Timnas Portugal - ist)

FOTO, dawainusa.com – Pertandingan sepak bola dalam Piala Dunia 2018 yang berlangsung di Rusia akan memasuki babak 16 besar setelah fase pengisian group telah terlewati.

Dalam babak 16 besar tersebut, Tim Nasional Uruguay akan berhadapan dengan Tim Nasional Portugal pada laga yang akan digelar di Stadion Olimpiade Fisht, Sochi, Minggu (1/7) pukul 01.00 WIB dini hari.

Seperti diketahui, Uruguay lolos ke babak 16 besar usai mengalahkan tuan rumah Rusia 3-0 di laga ketiga untuk menempati juara Grup A. Sementara itu, Portugal keluar sebagai runner up di Grup B setelah meraih hasil imbang , yakni 1-1 melawan Iran.

Pertemuan kedua tim besar ini dipastikan akan seru. Sebab, dalam pertandingan tersebut, dua pemain bintang, yakni Christino Ronaldo dan Luiz Suares akan berduel di atas rumput hijau demi memenangkan tiket untuk masuk ke babak selanjutnya.

Namun, tahukah anda soal sejumlah fakta unik jelang pertandingan besar tersebut? Berikut beberapa fakta menarik terkait pertemuan antara kedua tim nasional tersebut dilansir CNN.

Timnas Portugal (1)

Christiano Ronaldo saat melakukan eksekusi tendangan bebas ke gawang Maroko

Fakta-Fakta Menarik Jelang Duel Portugal vs Uruguay di Piala Dunia 2018

Fakta-fakta menarik  menjelang duel antara Portugal versus Uruguay di fase 16 besar Piala Dunia 2108 di Rusia.

Pertama, Kedua tim akan bertemu untuk ketiga kalinya dalam pertandingan kompetitif. Dari pertandingan sebelumnya, Portugal tidak pernah kalah dari Uruguay dengan raihan satu kali seri dan satu kali menang.

Kedua, pertemuan terakhir kedua tim terjadi hampir 46 tahun lalu, yakni di Rio de Janeiro, Juli 1972 dengan dengan hasil imbang 1-1. Pertemuan lainnya tercipta sebelum Piala Dunia 1966 ketika Portugal menang 3-0 di Lisbon.

Ketiga, Timnas Uruguay menang di tiga pertandingan pada fase penyisihan Grup A Piala Dunia 2018 tanpa kebobolan.

Keempat, Timnas Uruguay terakhir kali tidak kebobolan di tiga pertandingan adalah saat fase grup Piala Dunia 2010. Ketika itu, Los Charruas berhasil mencapai semifinal. Mereka tidak pernah tampil di empat pertandingan Piala Dunia secara berturut-turut tanpa kebobolan.

Kelima, semua gol yang tercipta dari Uruguay di Piala Dunia 2018 (lima gol) datang dari bola mati. Keenam, Uruguay tercatat sudah enam kali mencapai babak perempat final Piala Dunia, yakni pada 1930, 1950, 1954, 1966, 1970 dan 2010, dengan dua gelar juara dunia, yakni pada 1930 dan 1950.

Ketujuh, Timnas Portugal pernah kalah pada tiga pertandingan di fase gugur pada tiga kali penampilan mereka di Piala Dunia. Kedelapan, Cristiano Ronaldo tidak pernah mencetak gol di fase gugur Piala Dunia. Tujuh golnya di Piala Dunia tercipta di babak fase grup pada tiga edisi berbeda.

Kesembilan, tiga dari lima gol Timnas Portugal di Piala Dunia 2018 berasal dari luar area penalti. Kesepuluh, Timnas Portugal hanya pernah mencapai perempat final Piala Dunia di dua kali gelaran (1966 dan 2006).

Foto-Foto Timnas Portugal dan Uruguay

Berikut foto-foto tim nasional Portugal dan tim nasional Uruguay:

Timnas Portugal (4)

Mega Bintang Real Madrid Christiano Ronaldo

Timnas Portugal

Christiano Ronaldo dan rekan setimnya

Timnas Portugal (2)

Christiano Ronaldo dan Pepe

Timnas Uruguay (1)

Luis Suarez

Timnas Uruguay (2)

Luis Suarez dan Cavani

Timnas Uruguay (3)

Tim Nasional Uruguay*