dawainusa.com Penjaga gerbang masuk Desa Nusakdale, Kecamatan Pantai Baru, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur ( NTT), Jusuf Ledo (59), ditemukan tewas dengan tubuh penuh luka.

Melansir Kompas.com, Kamis (30/4/2020), Kasubag Humas Polres Rote Ndao Aipda Anam mengatakan, jasad Jusuf ditemukan di pos penjagaan Covid-19 pada Selasa lalu.

Baca juga: Jejak Perjalanan 9 Pasien Positif Corona Covid-19 di NTT

“Jasad Jusuf ditemukan di dalam pos jaga gerbang masuk Desa Nusakdale, Selasa (29/4/2020) kemarin,” ujar Aipda Anam Nurcahyo.

Jusuf bertugas sebagai penjaga gerbang desa, untuk mencegah penyebaran Covid-19 masuk ke Desa Nusakdale.

Kronologi Penemuan Jasad Jusuf

Anam menjelaskan, penemuan jenazah Jusuf berawal sekitar pukul 18.00 WITA, Jusuf yang sedang berada di dalam pos kembali ke rumah untuk makan. Setelah makan, Jusuf kembali ke pos jaga gerbang dan tidur sendirian.

Kemudian pada pagi hari, istri Jusuf, Meri Pinga mendatangi pos dan menemukan suaminya sudah dalam keadaan meninggal dunia dengan kondisi darah keluar dari mulut.

Baca juga: Hasil Tes Swab: 9 Warga NTT Dinyatakan Positif Corona Covid-19

Melihat kejadian itu, Meri pulang dan memberitahukan ke keluarga dan tetangga. Kejadian itu juga dilaporkan ke aparat desa, kecamatan, dan polisi.

Tim identifikasi Polres Rote Ndao yang dipimpin oleh Kasat Reskrim Polres Rote Ndao Iptu Wahyu Agha Ari Septyan mendatangi lokasi kejadian. Jenazah Jusuf kemudian dibawa ke Puskesmas Sonimanu untuk divisum.

Korban Tewas Akibat benturan Benda Tumpul

Dari hasil pemeriksaan dokter, Jusuf meninggal disebabkan benturan benda tumpul yang menyebabkan luka sobek pada pelipis kanan, luka lecet pada lengan tangan kanan, luka pada pergelangan tangan kanan, dan luka pada lengan tangan kiri.

Di tubuh Jusuf juga terdapat luka memar pada dada, lutut kiri, luka di jari telunjuk tangan kiri, darah keluar dari hidung sebelah kanan dan mulut sebelah kanan, luka di belakang lutut kaki kanan, dan juga terdapat hernia imiral di lipat paha sebelah kanan.

Baca juga: Hasil Swab Dua Warga Mabar Positif Covid-19, NTT Kembali ke Zona Merah

Kemudian patah pada rusuk bagian kiri dan kanan, serta patah pada lengan tangan kanan. Setelah dilakukan pemeriksaan oleh petugas medis, jenazah Jusuf lalu dibawa ke rumah duka di Desa Nusakdale.

“Dari hasil pemeriksaan visum, diduga Jusuf adalah korban dari tindak pidana pembunuhan. Namun, masih dilakukan penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut,” ujar Anam.*