Pengakuan Rocky Gerung Usai Diperiksa Soal Kasus Ratna Sarumpaet

Pengakuan Rocky Gerung Usai Diperiksa Soal Kasus Ratna Sarumpaet

JAKARTA, dawainusa.com – Rocky Gerung mengaku tidak tahu tentang persoalan di balik drama kebohongan yang dilakukan oleh seorang yang biasa dipandang sebagai aktivis kemanusiaan Ratna Sarumpaet, yang menghebohkan publik pada Senin (1/9) lalu.

“Saya tidak tahu peristiwa itu,” kata Rocky Gerung dikutip dari tayangan Apa Kabar Indonesia Malam usai diperiksa oleh Polda Metro Jaya untuk kasus ujaran kebohongan Ratna Sarumpaet, Selasa (4/12).

Rocky Gerung juga mengungkapkan bahwa selama diperiksa oleh pihak kepolisian, ia dicecar dengan banyak pertanyaan. Padahal, jelas dia, pada saat peristiwa kebohongan itu berlangsung, ia masih berada di Gunung Elbrus yang terletak di Rusia.

Baca juga: Drama Kebohongan dan Kemungkinan Mythomania pada Sarumpaet

“Ada 10 pertanyaan sekitar pengetahuan saya tentang fakta Ratna Sarumpaet. Kenapa? karena saya pada saat itu ada di tempat lain, di Rusia di Gunung Elbrus jadi saya tidak tahu itu saja sebenarnya intinya,” kata Rocky Gerung.

Ia juga mengatakan bahwa saat itu, dirinya telat menerima kiriman foto dari WhatsApp Ratna tentang peristiwa tersebut. Sebab, ketika di Elbrus, ia tidak mengaktifkan ponselnya.

“Menerima foto dari WA Ibu Ratna Sarumpaet tapi setelah tanggal 1, setelah sudah mendarat, artinya dikirimkan sebelumnya, karena saya nggak buka WhatsApp karena saya tukar SIM Rusia,” terang dia.

Pemeriksaan Rocky Gerung dalam kasus kebohongan yang dilakukan Ratna Sarumpaet ini terjadi karena ada dugaan bahwa seorang yang selama ini dinilai sebagai pengamat politik itu mengetahui kasus tersebut.

Apalagi pada saat drama kebohongan itu berlangsung, ia sempat memberikan sebuah cuitan tentang hal tersebut di media sosial Twitter. Dalam cuitannya itu, ia mengaku tercengang melihat wajah Ratna tersebut yang tampak seperti babak belur karena penganiayaan.

Akan tetapi, setelah diketahui bahwa hal itu bukan terjadi karena penganiayaan, melainkan ada karena efek samping dari sedot lemak pada wajah, Rocky kemudian menghapus cuitan itu dari akun Twitternya.

Asisten Ratna Sarumpaet Mengaku Terkejut

Terkait drama kebohongan yang dilakukan oleh Ratna Sarumpaet tersebut, pihak kepolisian juga sebelumnya telah melakukan pemeriksaan kepada asisten Ratna Sarumpaet, Ahmad Rubangi.

Ia sendiri mengaku tak menyangka bila perempuan aktivis perempuan yang getol mengkritisi pemerintah itu telah berbohong soal penganiayaan yang dialaminya.

Kepada penyidik Polda Metro Jaya pada Senin, (22/10), Ahmad mengatakan bahwa semua asisten Ratna Sarumpaet terkejut saat aktivis itu mengaku berbohong.

Baca juga: Surat Terbuka Ratna Sarumpaet dari Rutan Polda Metro Jaya

Sebelumnya, mereka percaya kalau Ratna telah dianiaya dan telah mengungkapkan rasa empatinya kepada ibu dari Atiqah Hasiholan itu.

Cerita itu disampaikan pengacara Rubangi, Akbar Alamsyah, yang mendampingi kliennya saat diperiksa di Polda Metro Jaya. Akbar mengatakan sebelum itu, kliennya tak tahu-menahu soal kebohongan Ratna.

Salah satu asisten Ratna Sarumpaet, lanjut Akbar, menyarankan agar ia menggelar konferensi pers untuk mengakui kebohongannya. “Ya udah bu, kalau begitu buatkan konferensi pers,” ujar Akbar menirukan saran dari asisten Ratna saat diperiksa di Polda Metro Jaya, Senin siang.

Ahmad Rubangi merupakan salah satu orang yang sibuk mempersiapkan konferensi pers saat itu. Dalam acara yang digelar pada 3 Oktober 2018 itu, Ratna Sarumpaet menyatakan bahwa dia telah menciptakan hoax dan meminta maaf kepada calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto.*

COMMENTS