Penasaran Kenapa Pengalaman Jatuh Cinta Itu Sangat Menyenangkan?

Penasaran Kenapa Pengalaman Jatuh Cinta Itu Sangat Menyenangkan?

RELATIONSHIP, dawainusa.com – Pengalaman jatuh cinta memang cukup menggembirakan. Apalagi, ketika hal seperti itu baru pertama kali terjadi pada hidup anda.

Banyak alasan kenapa orang mengalami jatuh cinta. Ada mengatakan bahwa, jatuh cinta itu terjadi karena didorong oleh kebutuhan genetik untuk prokreasi, pengabadian spesies, terburu-buru ingin melepaskan hormon, hingga untuk alasan psikologis seperti dalam rangka mengurangi stres.

Baca juga: Cara Melepaskan Masa Lalu dan Membuka Hati untuk yang Baru

Pengamalan seperti ini sudah dialami oleh setiap orang sejak masa kecilnya, yakni ketika dirinya sudah mampu berinteraksi dengan orang lain. Pada saat itu, seseorang sudah selalu cenderung merasakan ketertarikan kepada orang lain.

Jatuh Cinta

Jatuh Cinta – ist

Adapun pengalaman jatuh cinta sesungguhnya dapat memenuhi banyak kebutuhan manusia, tanpa upaya mental dan fisik yang berlebihan. Jatuh cinta itu akan melahirkan pengamalan-pengalaman yang cukup menyenangkan.

Alasan Kenapa Pengalaman Jatuh Cinta Itu Menyenangkan

Namun, tahukah anda, apa alasan sehingga pengalaman jatuh cinta itu cukup menyenangkan? Berikut Dawai Nusa menyajikannya kepada anda sekalian.

Baca juga: Ingin LDR Anda Bertahan? Berikut Hal-Hal yang Mesti Anda Lakukan

1. Jatuh Cinta Meningkatkan Perawatan Diri Sendiri

Kadang ada orang yang tidak mampu untuk mengurus dirinya sendiri. Banyak sekali orang yang kita jumpai akan terlihat kurang merawat dirinya.

Semua hal itu tentu terjadi dengan banyak alasan. Akan tetapi, pengalaman jatuh cinta justru dapat mengubah semua hal itu. Orang yang jatuh cinta pasti akan terdorong untuk merawat dirinya sendiri.

Ia akan langsung peduli dengan penampilannya. Sebab, saat sedang jatuh cinta, seseorang merasa memiliki ilusi dan tujuan baru tentang sesuatu yang dinantikan.

2. Mengaktifkan Bahan Kimia yang Terasa Baik di Tubuh

Ada banyak penelitan, seperti dilansir yourtango menunjukkan bahwa antisipasi untuk berbicara atau melihat seseorang yang disukai ternyata bisa mengaktifkan hormon dan neurotransmiter yang kuat di tubuh.

Dopamin dan serotonin yang besar akan aktif selama seseorang jatuh cinta. Bahan kimia ini menginduksi perasaan ekstasi, gairah, energi, dan kebahagiaan secara keseluruhan.

Ketika jatuh cinta, seseorang akan menemukan dirinya sendiri serta akan mampu membuat rencana jangka panjang untuk hidupnya.

Pengalaman Jatuh Cinta

Pengalaman Jatuh Cinta – ist

Saat jatuh cinta, seseorang akan memiliki apresiasi dan rasa sukacita tiba-tiba memenuhi kehidupannya. Ketika pengalaman fisik dimulai, hormon ikatan oksitosin akan dilepaskan, memungkinkan keintiman dan kepercayaan saat jatuh cinta.

3. Sikap dan Suasana Hati Berubah

Ketika sedang berada dalam situasi jatuh cinta, satu hal yang pasti akan berubah pada diri orang tersebut ialah suasana hatinya. Ketika jatuh cinta, seseorang pasti akan memiliki suasana hati yang lebih baik.

Suasana hati yang lebih baik ini juga akan membuat seseorang mengalami perubahan terhadap pola pikir dan tingkah lakunya. Ia akan terlihat bijak dalam bersikap dan tutur kata.

4. Mempromosikan Penerimaan Sosial

Salah satu kebutuhan besar dalam hidup manusia ialah kerinduan untuk diterima secara sosial. Ketidakpenuhan terhadap kebutuhan ini akan dapat menyebabkan trauma psikologis, termasuk depresi dan bunuh diri.

Kebutuhan akan penerimaan sosial ini telah lama tertanam di dalam diri manusia. Alasan ini juga menjadi penyeba kenapa ketika memiliki pasangan yang secara kultural sama akan membuat seseorang merasa dicintai, bahagia, dan stabil.

Pengalaman jath cinta itu sendiri dapat meningkatkan kepercayaan diri seseorang tentang eksistensinya di tengah kehidupan orang lain. Dengan hal seperti itu, ia akan menjadi sadar dan bangga bahwa dirinya diterima secara sosial.

5. Harga Diri dan Keamanan Psikososial

Pengalaman jatuh cinta juga akan menghilangkan berbagai macam tekanan saat lajang, dianggap tidak diinginkan, atau tidak bahagia. Dengan jatuh cinta, seseorang akan merasaaman dan pasti akan memiliki harga diri yang tinggi.

Hal Jatuh Cinta

Hal Jatuh Cinta – ist

6. Meningkatkan Motivasi dan Kegembiraan

Pada dasarnya, manusia tertarik pada rutinitas dan keakraban, formula terbaik untuk mengatasi depresi. Ketika jatuh cinta, rasa ingin tahu akan meningkat.

Rasa inilah yang kemudian memuaskan dan menstimulasi perasaan. Ini merupakan kunci kebahagiaan yang dipicu oleh banyak pengalaman, termasuk jatuh cinta.*