Dawainusa.com — Video yang merekam aksi sekelompok pemuda di Garut, Jawa Barat, ketika melucuti bendera merah putih viral di media sosial.

Kejadian tersebut diketahui terjadi pada Kamis (20/8) dini hari sekiranya pukul 03.36 WIB di depan studio Albara, kawasan Wanaraja, Garut.

Video tersebut viral di media sosial lantaran diunggah oleh sebuah akun Instagram @liputangarut. Netizen pun membanjiri video itu dengan ragam komentar.

“Telah terjadi pencopotan bendera merah putih tanpa sebab di Jl. Wanaraja dekat studio Albara, Garut, sekitar pukul 03.37 WIB,” kata pemilik akun IG.

Baca Juga: Demi Konten Tiktok, 8 Cewek Cantik Ini Injak-injak Kain Merah Putih

Aksi Pelucutan Bendera di Garut Terekam CCTV

Dalam video itu, tampak empat pemuda melucuti bendera merah putih yang terpasang di depan rumah warga. Video itu berdurasi 23 detik.

Mereka mula-mula berjalan di trotoar. Salah seorang pemuda yang berjalan paling depan terlihat mencabut bendera merah putih yang terpasang di pinggir jalan.

Pemuda itu terlihat melirik kanan-kiri sebelum mencabut bendera tanpa alasan yang jelas. Aksi mereka terekam oleh CCTV.

Selain aksi pemuda itu, terlihat juga seorang pemuda lain yang membawa sebuah tas. Di dalam tas tersebut terlihat kain merah putih yang diduga kuat bendera.

Baca Juga: Pria Ini Nekat Jambret Tas Istri di Atas Motor, Begini Ceritanya

Kapolsek Wanaraja Kompol Liman Heryawan kepada Detik.com, membenarkan kejadian tersebut. Pihaknya kini sedang dalam penyelidikan.

“Memang betul ada kejadiannya. Saat ini sedang kami lakukan penelusuran,” ucap Liman saat dikonfirmasi wartawan, Sabtu (22/8).

Identitas keempat pemuda dan motif mereka melucuti bendera merah putih itu masih diselidiki kepolisian. Diharapkan, mereka bertanggung jawab atas aksi itu.*