Dawainusa.com —¬†Pemerintah pusat akan membangun Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) pertama di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Rencananya, pembangunan akan dimulai tahun ini dan akan selesai tahun 2022 mendatang.

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Melki Laka Lena mengatakan, pembangunan RSUP akan dikerjakan di atas lahan seluas 8 hektar di Kelurahan Manulai, Kota Kupang.

Pembangunan dimulai tahun ini dengan anggaran Rp500 miliar dari Kementrian Kesehatan. RSUP pun dinilai sangat strategis karena tidak jauh dari kota (Kupang).

Politikus Partai Golkar yang mengurusi kesehatan di Komisi IX itu menerangkan bahwa sumber anggaran pengerjaan RSUP berasal dari bantuan Bank Dunia.

“Bila sudah jadi (tahun 2022) RSUP akan menjadi rumah sakit besar yang membantu pelayanan kesehatan yang menerima rujukan dari seluruh NTT untuk mendapatkan pelayanan kesehatan,” katanya kepada Pos Kupang, Kamis (13/8).

Baca Juga: Jokowi Kenakan Busana NTT di Sidang Tahunan MPR 2020

Pemerintah Kota Kupang Siapkan Lahan

Walikota Kupang Jefri Riwu Kore mengatakan, Pemerintah Kota Kupang telah menyiapkan lahan untuk pembangunan RSUP di Manulai, Kecamatan Maulafa.

Sebelumnya diberitakan bahwa Pemerintah Provinsi NTT telah memfasilitasi untuk pembebasan lahan masyarakat bagi pembangunan proyek RSUP. Sebab di sekitar lokasi pengerjaan ada beberapa perumahan warga.

Pemprov NTT pun berharap agar kehadiran RSUP pertama di NTT ini dapat mempekerjakan mahasiswa lulusan STIKES, Polteks dan Undana Kupang serta masih banyak lagi tenaga kesehatan dari berbagai perguruan tinggi di NTT.

Komisi IX DPR RI sendiri telah meninjau lokasi tersebut tahun lalu.

Dengan keberadaan RSUP pertama ini, Melki sebelumnya mengatakan akan sangat membantu pelayanan kesehatan bagi masyarakat di provinsi kepulauan ini.

“Masyarakat NTT dapat melakukan tindakan medis lainnya di Kota Kupang saja, tidak perlu lagi membuang-buang uang ke Jawa atau Bali lagi,” katanya.*