Pembunuhan Jurnalis Arab Saudi, Berikut Penggalan Rekamannya

Pembunuhan Jurnalis Arab Saudi, Berikut Penggalan Rekamannya

SAUDI, dawainusa.com Pembunuhan jurnalis Arab Saudi Jamal Khashoggi berlangsung sangat singkat dan efektif. Berdasarkan rekaman suara yang diperoleh intelijen Turki, hanya butuh sekitar tujuh menit untuk menghabisi nyawa Khashoggi.

Media Middle East Eye (MEE) pada Selasa (16/10) mendapatkan rincian isi rekaman tersebut dari seorang sumber di Turki. Peristiwa itu terjadi pada 2 Oktober lalu di dalam kantor Konsulat Jenderal Saudi di Istanbul.

Dalam rekaman itu, kata sumber, terdengar Khashoggi diseret dari ruangan Konsul Jenderal Saudi ke ruangan lainnya di lantai atas Konsulat. Menurut sumber, saksi di lantai bawah mendengar suara teriakan yang memilukan.

Baca juga: Intip Beberapa Pejabat yang Pernah Dimarahi Presiden Jokowi

“Konsul dikeluarkan dari ruangan. Tidak ada upaya menginterogasi dia (Khashoggi). Mereka datang untuk membunuh dia,” kata sumber kepada MEE.

“Mereka” yang dimaksud sumber adalah 15 orang algojo yang terdiri dari agen intelijen dan seorang ahli autopsi kenamaan Saudi, yaitu Salah Muhammad al-Tubaigy, yang sengaja didatangkan ke Turki dengan jet pribadi.

Khashoggi lantas dibaringkan di atas meja. Jurnalis penulis kolom opini di Washington Post ini lalu disuntik dengan sejenis cairan yang membuat teriakannya tidak lagi terdengar. Sumber mengatakan, Tubaigy kemudian memotong tubuh jurnalis 56 tahun itu di atas meja belajar ketika dia masih hidup.

Dimutilasi

Sebelumnya diberitakan berbagai sumber ke banyak media, salah satu pembunuh Khashoggi sengaja datang ke Turki membawa gergaji tulang. Diduga alat ini yang digunakan Tubaigy untuk memutilasi Khashoggi.

Menurut sumber kepada MEE, peristiwa itu terjadi hanya dalam tujuh menit. Ketika memutilasi tubuh Khashoggi, ujar sumber, Tubaigy mengenakan earphones untuk mendengarkan musik. Dia lantas menyarankan algojo lainnya melakukan hal yang sama.

Baca juga: PAN Minta Penjelasan Pemerintah Soal Mobil Esemka

“Ketika melakukan pekerjaan ini, saya mendengarkan musik. Kalian juga harus melakukannya,” ujar Tubaigy yang suaranya terekam, seperti ditirukan sumber.

Tulisan MEE adalah penggambaran paling terperinci soal pembunuhan Khashoggi. Beberapa media, seperti Sabah dari Turki atau New York Times dari Amerika Serikat juga menerima rekaman ini.

Hingga saat ini pemerintah Saudi membantah telah membunuh Khashoggi. Namun menurut laporan sumber kepada CNN, Saudi akan mengumumkan bahwa Khashoggi tidak sengaja terbunuh dalam interogasi yang gagal. Saudi akan menyalahkan agen intelijen dan menghukumnya.*