Dawainusa.com Duka mendalam tengah dialami jajaran keluarga militer Indonesia. Pada Sabtu (6/6) siang, helikopter MI-17 milik TNI AD jatuh saat dipergunakan dalam misi latihan terbang di Pusat Pendidikan Penerbang AD, Jawa Tengah.

Kesedihan begitu terasa bagi seluruh keluarga, termasuk putri kecil dari Kapten I Kadek Udi Sudiarsa.

Baca juga: Tanggapan Menkominfo Setelah Divonis Langgar Hukum soal Blokir Internet Papua

Dalam video yang diunggah oleh akun galeri.prajurit.tni itu, putri kecilnya berdiri mendekati potret sang ayah yang mengenakan seragam TNI AD, membelai dan menciumnya beberapa kali.

Ia terus menangis di atas peti jenazah sang ayah. Terus memeluk cukup lama, hingga akhirnya ditenangkan oleh prajurit TNI dan keluarga yang lain.

Sontak video pelukan terakhir putri Kapten I Kadek yang mengharukan tersebut dibanjiri doa dan dukungan dari masyarakat, agar si kecil bisa lebih tenang.

View this post on Instagram

Pelukan terakhir putri Kapten I Kadek Udi Sudiarsa (pilot Mi-17 yang gugur dalam kecelakaan helikopter Mi-17 di Kendal) . . Kami team patriot jurnalism berbela sungkawa yang sedalam-dalamnya bagi para keluarga korban yang ditinggalkan, semoga mereka yang gugur mendapatkan tempat terbaik di sisi Tuhan YME. Aamiin 🤲 . @cakra_lovers005 @infokomando @satria_wibawa_militer @ndorobei.rescue @ndorobeii @patriotjournalism @galeri.prajurit.tni #TNI #tniad #tnial #tniau #infotni #infomiliter #galeriprajurittni #kostrad #kopassus #komando #pararaider #raider #marinir #taifib #kopaska #paskhas #infanteri #armed #kavaleri #arhanud #specialforces #pasukan #pasukanelite #abdinegara #indonesiamilitary #soldier #viral #info #regrann

A post shared by Galeri Prajurit TNI (@galeri.prajurit.tni) on

Memakan 9 Korban

Dalam kecelakaan helikopter MI-17 tersebut telah memakan sembilan korban. Empat di antaranya meninggal dunia, yakni, Kapten Cpn Kadek,⁣ Kapten Cpn Fredi, Kapten Cpn Y Hendro, dan Lettu Cpn Wisnu.

Sementara lima lainnya luka-luka dan segera dievakuasi ke RSUD dr Soewondo, Lettu Cpn Vira Yudha⁣, Praka Nanang⁣, Praka Rofiq, Praka Supriyanto⁣, dan Praka Andi⁣. Jenazah telah dibawa kembali ke kediaman, di kota masing-masing.

Sebelumnya diberitakan, helikopter MI-17 milik TNI AD tengah dipergunakan dalam misi latihan terbang di Pusat Pendidikan Penerbang AD, Jawa Tengah, sebagai bagian dari program pendidikan perwira.

Sebelumnya, sudah dilakukan pengecekan dan kondisinya dinyatakan baik. Latihan terbang endurance yang pertama berjalan aman. Materi kedua, yakni terbang Tactical Manuver sekitar jam 12.35 helikopter sempat oleng dan berbelok arah.

Akhirnya pada sekitar pukul 13.40, helikopter jatuh dan terbakar di wilayah PT Kawasan Industri Kendal (KIK), Kecamatan Kaliwungu, Kendal, Jawa Tengah.*