Paus Fransiskus Kecam Kekejaman Rusia Terhadap Ukraina

Paus Fransiskus Kecam Kekejaman Rusia Terhadap Ukraina
Foto: Dawainusa.com - Web/@vaticannews

Dawainusa.com – Paus Fransiskus akhirnya angkat bicara terkait ketegangan yang melibatkan Rusia dan Ukraina yang terjadi belakang ini.

Pemimpin tertinggi Gereja Katolik itu mengungkapkan kesedihan mendalam atas ancaman perang di Ukraina yang berpotensi menimbulkan korban jiwa.

Baca: Puput Sudrajat Tantang Selingkuhan Suaminya Bertemu Langsung

Bapa Suci juga secara tegas mengutuk tindakan Rusia yang dinilainya mengganggu kerukunan hidup berdampingan antarnegara dan mencederai hukum internasional.

Paus Fransiskus Singgung Soal Rasa Sakit


Dalam kotbahnya yang dilakukan pada Rabu (23/2/2022) tersebut, Paus Fransiskus menyinggung soal perasaan pribadinya atas peristiwa tersebut.

“Memburuknya situasi di Ukraina menyebabkan rasa sakit yang luar biasa di hati saya,” kata Paus Fransiskus.

Baca: Depresi, Model Ayu Aulia Nyaris Tewas Usai Mencoba Bunuh Diri

Dengan nada muram di akhir ceramahnya, Fransiskus mendesak para politisi Rusia untuk memeriksa hati nurani mereka di hadapan Tuhan.

“Periksa hati nurani secara serius di hadapan Tuhan dan renungkanlah dampak dari tindakan-tindakan kalian,” ucapnya melansir Channel News Asia.

Paus Fransiskus Dorong Dialog Pedamaian

Paus Fransiskus Kecam Kekejaman Rusia Terhadap Ukraina
Foto: Dawainusa.com – Web/@chanelnewsasia

Paus Fransiskus juga mengajak jemaah untuk berpuasa dan memanjatkan doa internasional secara kolektif demi perdamaian dunia.

Paus Fransiskus mengutuk kekerasan dan kekejaman Rusia terhadap Ukraina. Baginya, tak ada satu alasan pun yang dapat membenarkan kehendak tirani semacam itu.

Baca: Nekat Bela Warga Bojong Koneng, Brigjen TNI Junior Tumilaar Ditahan

Selain berempati penuh terhadap Ukraina, ia juga mengakui dirinya amat terpukul dan khawatir atas nasib banyak orang di seluruh dunia karena perdamaian mereka ikut terancam oleh kepentingan partisan.

“Saya mengimbau semua pihak untuk menghentikan tindakan apa pun yang dapat memicu lebih banyak penderitaan bagi penduduk, mengacaukan koeksistensi antarnegara dan mendiskreditkan hukum internasional,” katanya lagi.

Rusia Dijatuhi Hukuman Internasional

Paus Fransiskus Kecam Kekejaman Rusia Terhadap Ukraina
Foto: Dawainusa.com – Web/@medcom

Menanggapi langkah Rusia yang semakin berani, mayoritas negara-negara di dunia telah berkoalisi, membentuk sanksi komunal dengan harapan akan menimbulkan efek jera yang serius.

Amerika Serikat, Uni Eropa, Inggris, Australia, Kanada, dan Jepang telah sama-sama mengumumkan rencana pemberian sanksi bertubi-tubi terhadap sektor keuangan Rusia.

Baca: Viral, Polisi Ajak Makan Narapidana dengan Tangan Masih Diborgol

Negara-negara tersebut akan membidik bank-bank dan pengusaha asal Rusia di negara mereka untuk diboikot dalam perdagangan serta ditutup keran-keran sumber pendapatannya.

Sementara itu, Jerman telah menghentikan proyek pipa gas besar dari Rusia yang akan memberi banyak kerugian finansial bagi negara tersebut.

Paus Fransiskus suda 2 kali menyerukan doa internasional untuk perdamaian di Ukraina setelah seruan pertama pada 26 Januari 2022.*