Dawainusa.com — Paus Emeritus Benediktus XVI diakui sebagai Paus tertua dalam sejarah Gereja Katolik, demikian menurut kalkulasi jurnal episkopal Awenire dan majalah Famiglia Cristiana, seperti dikutip AFP, Jumat (4/9).

Dengan usia yang sudah mencapai 93 tahun dan hampir lima bulan (lahir 16 April 1927), Benediktus XVI melampaui rekor Paus tertua yang sebelumnya dipegang Paus Leo XIII.

Paus Leo XIII diketahui menjabat sebagai orang nomor satu dalam Gereja Katolik Roma selama 25 tahun, yaitu sejak 1878 hingga meninggal tahun 1903.

Menurut catatan sumber yang sama, Paus Leo XII meninggal dalam usia 93 tahun, 4 bulan, dan 3 hari, atau hidup selama 34.111 hari.

Sementara itu, Paus bernama asli Joseph Ratzinger ini menjabat sebagai Paus selama 8 tahun, sejak 19 April 2005, hingga mengundurkan diri pada 28 Februari 2013.

Setelah meletakkan jabatan, Paus Emeritus Benediktus XVI memilih tinggal di tempat  “tersembunyi dari dunia luar” di bekas biara di dalam Vatikan.

Baca Juga: Yohanes Bayu Samudro Dikukuhkan Jadi Dirjen Bimas Katolik yang Baru

Status Paus Tertua Masih Bisa Dibantahkan

Rekor sebagai Paus tertua dalam sejarah Gereja Katolik yang disematkan kepada Paus Emeritus Benediktus XVI masih bisa dibantahkan.

Bantahan itu muncul di tengah fakta bahwa Paus Benediktus XVI mengundurkan diri dari jabatannya pada 2013, sehingga mendapat status “Paus Emeritus”.

Menurut beberapa pakar sejarah Gereja Katolik, dalam sejarah masih ada beberapa Paus lain yang usianya lebih tua di masalalu dan memimpin Gereja Katolik lebih lama.

Sejarawan Perancis Christophe Dickes menyebutkan bahwa Paus pertama yang merupakan murid Yesus Kritus, St. Petrus, menjabat sebagai Paus selama 34 tahun.

Sementara itu, Paus Pius XI pernah menjabat sebagai Paus selama 31 tahun, dan Paus Yohanes Paulus II menjabat selama 26 tahun.

Dengan begitu, meski usianya telah melampaui Paus Leo XIII, tetapi karena tidak lagi menjabat lagi sebagai Paus, maka status tersebut masih diperdebatkan.

Baca JugaPaus Emeritus Benediktus XVI Dikabarkan Sakit Parah, Begini Kondisinya

Untuk diketahui, kesehatan Paus Emeritus Benediktus XVI dilaporkan menurun tajam dengan sering duduk di kursi roda, meski masih punya ingatan yang tajam.

Suara Paus Benediktus XVI dilaporkan nyaris tidak terdengar karena sakit parah yang diderita seusai menjenguk kakaknya, Mgr Georg Ratzinger, di Bavaria, Jerman, Juni lalu.

Dua pekan kemudian, Vatikan menyatakan bahwa Mgr. Georg Ratzinger meninggal dalam usia 96 tahun ketika dirawat di Regenburg.

Kunjungan itu menjadi agenda pertama Paus Benediktus di luar Italia sejak mundur dari posisinya pada 2013 karena masalah kesehatan.

Paus Benediktus XVI merupakan paus pertama yang mundur dalam 700 tahun terakhir setelah delapan tahun menjabat dan digantikan imam Jesuit asal Argentina bernama Jorge Bergoglio, yang menggunakan nama Paus Fransiskus.*