Dawainusa.comProvinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) sudah mendapatkan bantuan reagen untuk pemeriksaan covid-19 dari pemerintah pusat.

Bantuan reagen itu akan digunakan untuk memeriksa sampel usap tenggorokan pasien yang berisiko tertular virus corona. Nantinya, pemeriksaan spesimen pasien covid-19 di wilayah NTT akan dipusatkan di laboratorium COVID-19 RSUD Prof.Dr. W.Z.Johannes Kupang.

Baca juga: Bantuan Reagen PCR untuk Tes Covid-19 Tiba di Kupang, NTT

Dalam keterangan pers di Kupang, Selasa (5/5/2020) malam, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 NTT, Marius Ardu Jelamu mengatakan, Pemerintah NTT menyiapkan pesawat udara untuk mengangkut spesimen swab dari sejumlah kabupaten di Pulau Flores dan Sumba untuk diperiksa di Kupang.

“Pemerintah NTT telah menyiapkan satu unit pesawat khusus untuk mengangkut spesimen swab dari daerah yang kesulitan transportasi udara setelah adanya pembatasan penerbangan udara, untuk diperiksa di laboratorium PCR RSUD Prof.Dr. W.Z. Johannes Kupang,” katanya.

Titik Penjemputan Swab

Pemerintah NTT, kata dia, telah menetapkan empat lokasi sebagai titik penjemputan sampel swab yang diangkut dengan pesawat udara yang disiapkan pemerintah NTT yaitu untuk Manggarai Timur, Manggarai dan Manggarai Barat dipusatkan di Bandara Udara Komodo, Labuan Bajo.

Sementara untuk Kabupaten Ngada, Nagekeo dan Ende kata dia pengakutan sample swab dikonsentrasikan di Bandara H. Hasan Aroeboesman, Kabupaten Ende. Sedangkan untuk Kabupaten Lembata, Flores Timur dan Sikka proses pengakutannya dilakukan melalui Bandara Frans Seda, Kabupaten Sikka.

Baca juga: Update Corona NTT 5 Mei 2020: 12 Positif, 1 Sembuh, 0 Meninggal

Khusus untuk empat Kabupaten di Pulau Sumba yaitu Sumba Barat Daya, Sumba Barat, Sumba Tengah dan Sumba Timur dilakukan melalui Banda Umbu Mehang Kunda, Kabupaten Sumba Timur.

“Pengangkutan spesimen swab yang dilakukan melalui transportasi udara mulai berlangsung pada Jumat (8/5/2020),” tegas Marius.

Ia berhararap pemerintah kabupaten di Pulau Flores dan Sumba dapat menyesuaikan dengan jadwal penerbangan yang ditentukan itu dalam proses pengiriman swab ke Kupang untuk diperiksa di Laboratorium COVID-19 RSUD Prof.Dr. W.Z.Johannes Kupang.

Menurut Marius, pengangkutan sample swab dari Kabupaten Alor, Rote Ndao dan Sabu Raijua dilakukan dengan menggunakan Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Feri.

Ia menambahkan, sedang untuk enam kabupaten di Pulau Timor seperti Kabupaten Malaka, Belu, Timor Tengah Utara, Timor Tengah Selatan, Kabupaten Kupang dan Kota Kupang dilakukan dengan menggunakan transportasi darat.*