Dawainusa.com — Nihi Sumba, destinasi eksklusif terbaik dunia, kembali dibuka seiring meredanya penyebaran virus corona di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Pembukaan kembali aktivitas pariwisata di resor eksklusif selebritas dunia ini tidak hanya untuk wisatawan domestik, tetapi juga untuk wisatawan mancanegara. Pengumuman pembukaan ini tertera pada laman Nihi Sumba Island (nihi.com).

“Sekarang KAMI BUKA khusus untuk menyambut kedatangan wisatawan domestik dan asing yang sudah berada di Indonesia, sambil menunggu dibukanya kembali perbatasan internasional,” tulis manajemen Nihi Sumba.

Sementara itu, “untuk tamu yang saat ini tinggal di Indonesia, kami membuka tanggal kunjungan dan ketersediaan kamar terbatas di periode tertentu.”

Pekan lalu, selebgram Rachel Vennya dan rombongan diketahui melakukan kunjungan spesial ke Nihi Sumba, salah satu hotel terbaik dunia.

Hal itu terlihat dari unggahan di akun Istagram istri Niko Al Hakim itu pada 12 Agustus lalu, yang kemudian menjadi trending di media sosial.

Jauh sebelum pandemi Covid-19, Nihi Sumba kerap dikunjungi artis Hollywood seperti Jennifer Lawrence, Cooke Maroney, Christian Bale, Chris Hemsworth.

Baca Juga: Permintaan Paket Wisata NTT dari Wisman Mulai Banyak

Nihi Sumba: Hotel Terbaik Dunia

Nihi Sumba pernah dinobatkan sebagai hotel terbaik dunia versi Majalah Travel and Leisure. Plakat penghargaan ini terekat di dalam laman resminya.

Hotel terbaik ini terletak di pesisir pantai selatan Pulau Sumba, tepatnya di Desa Hoba Wawi, Wanokaka, Kabupaten Sumba Barat, NTT.

Resor-resor ini berada di atas tebing, dan tamu bakal merasakan sensasi bangun pagi langsung menatap samudera lepas dengan sinar matahari yang hangat.

Tarif yang dikenakan, untuk villa Mandaka sebagai contoh, mulai dari US$945 per malam. Bahkan, menurut situs popbela.com, tarif resor estate untuk lima kamar pada musim ramai turis mencapai US$17.445 atau Rp259 juta per malam.

Tarif tersebut sudah termasuk semua makanan, akomodasi, minuman non alkohol, tamasya lokal, WIFI, dan banyak aktivitas laut.

Selain itu, di tempat ini juga pelancong dapat menikmati kegiatan lainnya seperti yoga, spa, dan mountain biking.

Di Nihi Sumba, pelancong bisa berenang menggunakan kuda. Foto/Istimewa.
Di Nihi Sumba, pelancong bisa berenang menggunakan kuda. Foto/Istimewa.

Baca Juga: Taman Nasional Komodo Akan Dipantau Secara Digital

Perjalanan menuju Nihi Sumba bisa menggunakan moda transportasi pesawat dari Bandara Internasional Ngurah Rai Bali ke Bandara Tambolaka, Sumba Barat Daya.

Pelancong juga bisa menggunakan rute dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Bandara Tambolaka via Kupang atau dari Surabaya menuju Tambolaka via Kupang. Perjalanan dari Bandara Tambolaka menuju resor membutuhkan waktu 1,5 jam.

Dari Bandara Tambolaka, pihak resor menawarkan perjalanan dengan mobil seharga US$182 per orang atau US$333 per pasangan dalam satu mobil. Sementara untuk sistem carter pribadi, dikenai biata US$569 dengan kapasitas maksimal 4 orang.

Sepanjang perjalanan menuju resor, pelancong bisa menemukan pengalaman visual sebagai perpaduan Afrika dengan Asia.

Di Nihi Sumba, pelancong pun dapat menikmati keindahan pantai pasir putih dengan padang savana yang luas.

Sepanjang pantai pelancong bisa berjalan kaki maupun berkuda. Bahkan, wisatawan bisa berenang di pantai bersama kuda-kuda itu.*