Dawainusa.com – Viral beredarnya video Kalista Iskandar tak hafal Pancasila di malam puncak pemilihan Puteri Indonesia 2020 juga ditanggapi presenter kondang Najwa Shihab.

Melalui akun akun Instagram-nya, pemilik program ‘Mata Najwa’ itu membagikan foto lawas dirinya dan foto Ketua MPR RI Bambang Soesatyo serta Kalista Iskandar, Sabtu (7/3/2020).

Dalam keterangan foto tersebut, wanita yang akrab disapa Nana itu lantas memberikan tanggapannya atas kesalahan yang dilakukan Kalista Iskandar, sang Finalis Puteri Indonesia 2020 asal Sumatera Barat.

BacaCantiknya Puteri Indonesia 2020, Raden Roro Ayu Maulida Putri

Najwa Shihab Tanggapi Kesalahan Kalista Iskandar

Dalam unggahannya, Najwa Shihab menyebutkan, kesalahan yang dilakukan Kalista mengingatkannya pada saat pertama kali siaran langsung.

Putri kedua dari mantan Menteri Agama Quraish Shihab itu mengaku, saat itu dirinya juga sangat gugup hingga tanpa sadar salah mengucapkan namanya sendiri.

Tak hanya menyebut kesalahannya dan Kalista Iskandar saja. Najwa juga menjelaskan, ketua MPR Bambang Soesatyo pun pernah mengalami hal tersebut saat pelantikan DPR.

Najwa Shihab, Bambang Soesatyo dan Kalista Iskandar
Kolase unggahan akun @najwashihab

BacaAsayel Slay, Wanita Arab yang Dituding Hina Kota Suci Mekah

Berikut tanggapan Najwa Shihab yang dikutip Dawainusa.com dari akun instagramnya, @najwashihab, Sabtu (7/3/2020).

“Ramai soal Puteri Sumatera Barat Kalista Iskandar yang sempat salah menyebutkan Pancasila saat menjawab pertanyaan Ketua MPR Bambang Soesatyo.

Saya jadi teringat pengalaman siaran langsung pertama kali. Gugup luar biasa. Saya sampai salah menyebut nama sendiri. Bayangkan, perdana muncul di televisi tapi memperkenalkan diri sebagai orang lain.

Teringat juga pengalaman meliput bencana tsunami di Aceh. Karena kekalutan situasi saya salah menyebut Kota Calang menjadi Calung.

Usai laporan langsung itu, saya dihampiri oleh seorang bapak sambil menangis, karena ia masih menunggu kabar dari keluarganya di kota yang saya salah sebut tadi.

Jadi saya bisa memahami kegugupan yang pasti berkali-kali lipat dihadapi Kalista tadi malam. Hanya diberi waktu menjawab 30 detik di tengah riuh rendahnya sorakan penonton.

Ketua MPR Bambang Soesatyo yang tadi malam mengajukan pertanyaan hafalan itu, juga pernah berada di situasi yang hampir mirip.

Saat momen pelantikannya menjadi Ketua DPR. Walau bukan hapalan, karena ia dituntun saat mengucapkan sumpah, tapi ia juga sempat salah ucap sumpah. Bahkan sampai 3 kali.

We are all humans after all. #CatatanNajwa”

Finalis Puteri Indonesia asal Sumatera Barat, Kalista Iskandar
Kalista Iskandar – @doleytobing

BacaFoto Tanpa Busana Tara Basro yang Banjir Pujian Warganet

Kalista Iskandar: Ini Bukanlah Akhir

Berhadapan dengan ramainya pemberitaan serta sorotan warganet terkait kesalahannya itu, Kalista Iskandar diketahui telah angkat bicara.

Melalui fitur Instastory di akun @kalistaiskandar, ia memberikan beberapa poin tanggapannya pada Sabtu (7/3/2020) dini hari.

1. Terimakasih atas Cinta dan Dukungannya

Di awal tanggapannya itu, ia berterimakasih atas semua dukungan dan cinta yang diberikan para pendukungnya selama perjalanan ia berproses sebagai salah satu Finalis Puteri Indonesia 2020.

Tanggapan finalis puteri indonesia, kalista iskandar
Tanggapan 1 – @kalistaiskandar

2. Mengakui Kegugupan di Malam Grand Final

Kalista Iskandar secara tersirat mengakui bahwa dirinya merasa nervous saat malam puncak pemilihan Puteri Indonesia 2020.

Kendati demikian, ia tetap mampu berdiri tegak dan tetap percaya diri. Itulah yang menurutnya menjadi hikmah terpenting dari pengalamannya di malam itu

Tanggapan finalis puteri indonesia asal Sumatera Barat
Tanggapan 2 – @kalistaiskandar

BacaSoal Tak Hafal Pancasila, Ini 5 Poin Tanggapan Finalis Puteri Indonesia

3. Tetap Bangga dan Percaya Diri

Berhadapan dengan tekanan dan sorotan atas ‘kesalahannya’ itu, dirinya akan tetap tegar. Terlepas dari apapun yang telah terjadi, ia mengaku akan tetap bangga akan jati dirinya serta perjalanannya hingga sejauh ini.

Tanggapan kalista iskandar
Tanggapan 3 – @kalistaiskandar

4. Belajar dari Kesalahan dan Terus Maju

Wanita yang kini sedang meneruskan pendidikan gelar Magister dibidang Komunikasi Managemen di Universitas Trisakti Jakarta itu mengakui, peristiwa di malam itu akan dijadikannya sebagai pelajaran.

Karena itulah, ia secara tegas menggarisbawahi, peristwa tersebut bukanlah akhir dari perjalanannya. Peristiwa tersebut justru dijadikannya pelajaran, karena langkahnya baru saja dimulai.

Tanggapan Kalista Iskandar Soal Tak Hafal Pancasila
Tanggapan 4 – @kalistaiskandar

5. Teruslah Bersikap Baik Kepada Sesama

Di akhir tanggapannya, gadis 21 tahun itu menitipkan pesan agar para pendukungnya senantiasa bangga akan jati dirinya. Tak lupa pula ia mengingatkan agar senantiasa bersikap baik terhadap sesama.

Tanggapan Finalis Puteri Idonesia 2020
Tanggapan 5 – @kalistaiskandar