Mengintip Rencana Ma’ruf Amin dan Sandiaga Kalau Jadi Wapres

Mengintip Rencana Ma’ruf Amin dan Sandiaga Kalau Jadi Wapres

JAKARTA, dawainusa.com Sat ini, cawapres Ma’ruf Amin dan Sandiaga Uno sedang sibuk dengan kegiatan kampanye. Beberapa hari terakhir, keduanya rutin ke berbagai daerah.

Ada satu hal yang pasti bahwa Ma’ruf dan Sandi punya target yang sama, yakni meraup dukungan di Pilpres 2019 mendatang.

Tentu, demi mencapai target tersebut, keduanya tak luput mengumbar janji dan wacana jika kelak terpilih menjadi wapres. Janji-janji itu tentu disambut antusias oleh warga. Berikut wacana dan janji tersebut:

Baca juga: Kampanye Hitam dan Kampanye Negatif, Apa Bedanya?

1. Ma’ruf Amin akan buat pelabuhan halal

Beberapa waktu lalu, cawapres Ma’ruf Amin menghadiri penutupan Jogya Halal Fest 2018 yang diadakan Perkumpulan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Yogyakarta.

Pada acara itu Ma’ruf Amin berencana akan membuat pelabuhan halal atau halal port. Menurutnya ini sudah diterapkan di belahan dunia.

“Karena itu pemerintah akan mencanangkan akan membuat pelabuhan halal. Halal port. Belanda saja punya halal port. Padahal dia, bukan mayoritas muslim. Karena itu, Insya Allah kita akan membuat pelabuhan halal, halal port supaya tidak bercampur dengan yang tidak halal,” kata mantan Rais Aam PBNU ini.

Ma'ruf Amin berada di tengah ibu-ibu - ist

Ma’ruf Amin berada di tengah ibu-ibu – ist

2. Rencana bikin area industri halal

Selain pelabuhan halal, cawapres Ma’ruf Amin berencana akan membuat area industri halal jika nanti menjadi wakil presiden. Dia mengatakan saat ini halal sudah merambah ke mana-mana, bukan hanya makanan dan fashion saja.

“Area industri halal direncanakan di Pulogadung, di Cikande Banten, dan di Sidoarjo Surabaya. Halal sekarang sudah merambah ke mana-mana,” ujarnya.

3. Sandi janji permudah izin usaha

Saat bertemu dengan pelaku ekonomi masyarakat Tionghoa, cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno berjanji akan mempermudah izin usaha jika kelak terpilih menjadi wapres. Dia ingin fokus bisnis dalam negeri dibenahi terlebih dahulu, seperti masalah pajak dan aturan lainnya.

“Kalau pedagang cuan (untung) enggak usah disuruh-suruh pasti invest. Kalau sekarang cuan nggak sekarang? Saya beranggapan pengusaha itu nggak usah diberikan yang diimingi macam-macam asal dikasih cuan, bikin usahanya gampang, hukumnya jelas, izinnya mudah. Pajak yang enggak macam-macam. Pasti invest di sini juga,” kata Sandiaga di kawasan Lotus Palace, Pantai Indah Kapuk.

Sandiaga Uno berada di tengah ibu-ibu - ist

Sandiaga Uno berada di tengah ibu-ibu – ist

4. Janji buat OK Oce Kopi

Cawapres Sandiaga Uno mendapat keluhan tentang kendala pemasaran kopi saat kampanye di Temanggung. Berdasarkan pengalamannya, pemasaran dan produksi memang menjadi kendala bagi setiap pengusaha kopi.

Rencananya, Sandi akan mendirikan posko di Temanggung jika nanti terpilih. Para petani kopi bisa menggunakan tempat itu untuk berdialog memecahkan permasalahan tersebut.

“Nanti dibuat program ‘oke oce kopi’ yang insya Allah bisa mengangkat tentang pemasaran kopi,” katanya.*