Mengintip Proses Pendaftaran Bacaleg di KPUD Manggarai

Mengintip Proses Pendaftaran Bacaleg di KPUD Manggarai

Di Kabupaten Manggarai, setiap partai politik mengaku telah mendaftarkan masing-masing 35 orang bacaleg yang siap bertarung pada lima dapil yang telah ditetapkan. (Foto: Ketua DPC PDI Perjuangan Manggarai Paulus Peos menyerahkan Daftar BACALEg kepada Anggota KPUD Manggarai Apolonaris Rokefeler Soleman - Elvys Yunani)

RUTENG, dawainusa.com – Memasuki hari terakhir masa pendaftaran, partai politik peserta pemilu 2019 ramai-ramai mendaftarkan bakal calon legislatif yang siap bertarung di Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Hal serupa juga terjadi di Kabupaten Manggarai, NTT. Sejak dibuka pada 4 april lalu, parpol peserta pemilu di daerah itu ramai-ramai mendaftarkan bacaleg ke KPU setempat.

Jadwal pendaftaran bacaleg oleh parpol peserta pemilu 2019 telah diatur melalui PKPU nomor 5 tahun 2018 tentang tahapan, program, dan jadwal penyelenggaran pemilu tahun 2019. Dalam PKPU ini disebutkan, jadwal pendaftaran bacaleg dijadwalkan dari tanggal 4 sampai 17 Juli 2018.

Di Kabupaten Manggarai, setiap partai politik mengaku telah mendaftarkan masing-masing 35 orang bacaleg yang siap bertarung pada lima dapil yang telah ditetapkan.

Baca juga: Dukung Jokowi, Dewan Kehormatan Demokrat Akan Sidangkan TGB

Skeretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Manggarai, Aven Mbejak saat dikonfrimasi Dawainusa di Ruteng, Selasa (17/07) mengatakan, PDI Perjuangan di Manggarai telah mendaftarkan 35 Bacaleg yang terdiri dari 13 orang keterwakilan perempuan sementara 22 lainnya berjenis kelamin laki-laki.

“Kita sudah daftar, PDI Perjuangan daftarkan 35 bacaleg, 13 orang caleg perempuan,” kata Aven.

Menurut dia, 35 orang bacaleg yang didaftarkan PDI Perjuangan tersebar di lima dapil di Kabupaten Manggarai dan jumlah tersebut berdasarkan kuota yang ditentukan oleh undang-undang.

Hal yang sama juga terjadi di parpol lain seperti Partai Nasdem, Partai Demokrat dan Partai Golkar. Agnes Menot, Sekretaris DPC Partai Demokrat Kabupaten Manggarai mengaku, Partai Demokrat juga mendaftarkan sebanyak 35 bacaleg dengan 13 orang caleg perempuan.

“Kami daftarkan 35 bacaleg. Prinsipnya kami mengajukan bacaleg 100 persen yaitu 35 orang bakal caleg,” kata Menot.

35 orang bacaleg yang didaftarkan Parpol di KPUD Manggarai adalah gambaran kuota kursi untuk DPRD Manggarai dengan alokasi 35 kursi.

Tahap  Setelah Pendaftaran Bacaleg

Setelah proses pendaftaran bacaleg, parpol peserta pemilu 2019 akan mengikuti berbagai tahapan lanjutan yang ditetapkan oleh KPU sebagai penyelenggara.

Anggota KPUD Kabupaten Manggarai Apolinarius Rokefeler Soleman saat dihubungi Dawainusa mengatakan, tahapan yang akan dilalui oleh para bacaleg selanjutnya adalah verifikasi kelengkapan daftar calon dan bakal calon yang akan berlansung pada 5 Juli sampai 18 Juli 2018.

Baca juga: Demokrat Bimbang, Poros Koalisi Petahana Buka Pintu

Setelah proses verifikasi kelengkapan, tahapan selanjutnya adalah penyampaian hasil verifikasi kelengkapan administrasi daftar calon dan bakal calon kepada Partai Politik peserta Pemilu 19 Juli s.d 21 Juli 2018

Selanjutnya pada 22 hingga 31 juli 2018, KPU akan melakukan tahapan perbaikan daftar calon dan syarat calon serta pengajuan bakal calon pengganti DPRD Manggarai 22 Juli s.d 31 Juli 2018 jika ada yang tidak lolos verifikasi.

Daftar bakal calon yang diajukan dari hasil perbaikan akan di verifikasi pada tanggal 1 Agustus sampai 7 Agustus 2018. Setelah dilakukan verifikasi, maka selanjutnya KPU akan gelar penyusunan dan penetapan daftar calon sementara (DCS) calon anggota DPRD Manggarai pada 8 sampai 12 Agustus 2018 .

Pada 12 sampai 14 Agustus 2018, KPU akan umumkan daftar calon sementara anggota DPRD Manggarai dan persentase keterwakilan perempuan. DCS yang akan diumumkan KPU dimintai masukan dari publik.

Proses terakhir yang akan dilalui adalah penyusunan daftar caleg tetap pada 14 sampai 20 september 2018. Penetapan caleg yang akan siap bertarung pada 2019 mendatang akan digelar pada 20 september dan diumumkan kepada publik pada 21 hingga 23 september 2018 mendatang.* (Elvys Yunani)