Dawainusa.com Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) masuk zona merah Covid-19. Data terkini menunjukkan sebanyak 13 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Meskipun ada penambahan kasus positif baru, Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat tetap optimis daerah tersebut akan kembali menjadi zona hijau Covid-19.

Baca juga: Klaim Temukan Obat Penawar Corona, Gubernur NTT: Kami Sudah Kirim ke Jakarta

Viktor begitu yakin, provinsi berbasis kepulauan itu kembali ‘bebas’ corona lantaran kondisi pasien positif Covid-19 dikonfirmasi dalam keadaan stabil.

“Kami yakin NTT segera kembali menjadi zona hijau dari paparan virus corona baru atau COVID-19, karena kondisi 13 pasien positif COVID-19 semakin stabil dan akan segera sembuh dari COVID-19,” ujar Viktor di Kupang, Senin (11/5).

Politisi Partai Nasdem itu mengatakan, Pemprov NTT akan berupaya secara maksimal dalam menekan penyebaran Covid-19 di NTT.

“Tidak ada satu orang yang ingin pandemi COVID-19 terus terjadi. Pemerintah NTT akan berupaya secara maksimal mengatasi pandemi COVID-19 sehingga penderitaan ini segera berakhir,” kata Viktor.

Ia merasa yakin masyarakat NTT telah teruji dalam menghadapi berbagai persoalan seperti kemiskinan, serangan penyakit dan kekeringan sehingga tentu mampu menghadapi pandemi Covid-19 dengan tegar.

Viktor berharap masyarakat NTT terus mengikuti aturan protokol kesehatan yang telah ditentukan pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19.

Hal ini bisa dilakukan dengan cara menggunakan masker ketika hendak bepergian, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Klaim Punya Obat Penawar Corona

Sebelumnya, Viktor mengklaim telah menemukan obat penawar Covid-19. Saat ini obat tersebut telah dikirim ke Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Nasional.

“Pemerintah NTT telah mengirim ramuan obat tradisional itu kepada Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Nasional, Doni Monardo guna membantu menyembuhkan pasien positif COVID-19,” kata Viktor seperti dikutip dari Antara.

Baca juga: Jokowi Tetapkan 13 Kabupaten di NTT Masuk Kategori Daerah Tertinggal

Viktor mengatakan, penelitian terhadap obat ini akan terus dilakukan, karena menurutnya mampu menyembuhkan Covid-19.

“Kami sudah kirim ke Jakarta untuk digunakan dalam menyembuhkan pasien Covid-19,” kata Viktor didampingi Wakil Gubernur NTT Josep A Nae Soi.

Menurut Viktor, ramuan tersebut merupakan obat tradisional yang sering digunakan warga NTT dalam menyembuhkan beberapa jenis penyakit yang dialami warga daerah tersebut.

“NTT kaya dengan ramuan tradisional untuk berbagai jenis penyakit. Ramuan tradisional untuk COVID-19 itu sudah dikirim ke Jakarta untuk digunakan dalam penanganan pasien Covid-19,” ucapnya.*