Joseph Paul Zhang Mengaku Sudah Bukan Warga Negara Indonesia
Foto Kolase/Ist

Dawainusa.com – Tersangka kasus penistaan terhadap agama, Joseph Paul Zhang mengaku bahwa dirinya sudah bukan Warga Negara Indonesia.

Pria yang dikenal dengan Shindy Paul Soerjomoeljono itu mengaku jika dirinya sudah melepas status kewarganegaraan Indonesia.

Hal itu diungkapkan Joseph dalam sebuah video acara komunitas yang diunggah di akun Youtube Hagios Europe, Selasa (20/4/2021).

Baca jugaDemi Tes Masuk Calon Polisi, Pria Ini Rela Tinggalkan Jasad Ayahnya

Mengaku Bukan Warga Negara Indonesia

Pria yang diduga melakukan penistaan agama mengaku, sudah melepaskan status kewarganegaraan Indonesia (warga negara Indonesia/WNI).

Karena bukan warga negara Indonesia, kata Jozeph, tindakannya tidak bisa diproses dengan hukum yang berlaku di Indonesia.

“Teman-teman jangan membahas ini, saudara saya ini sudah melepaskan kewarganegaraan Indonesia. Jadi, saya ini ditentukan oleh hukum Eropa,” kata Jozeph.

“Jadi Teman-teman, jangan membahas lagi mengenai masalah itu,” tambahnya.

Joseph menambahkan, justru saat ini pihak gereja-gereja menekan dirinya.

“Justru yang membuat saya repot sekarang adalah gereja-gereja yang menekan saya, mereka tahu cara menekan. Tapi kan saya tidak hidup dari perpuluhan gereja-gereja ini atau persembahan saya sendiri jarang khotbah di gereja Indonesia,” sebutnya.

JPZ
Foto/Ist

Baca jugaMengaku Nabi ke-26, Joseph Paul Zhang Ditetapkan Sebagai Tersangka

Jozeph mengatakan, dirinya tak ingin melibatkan orang lain. Karena itu, dia berusaha sebisa mungkin untuk menghindar.

“Hampir sudah tidak pernah lagi, hanya di awal saja, di 3 bulan pertama saya di Eropa memang saya menghindar, saya memang menghindar. Kenapa saya menghindar? Karena saya tahu aktivitas saya berbahaya. Saya tidak mau melibatkan mereka,” lanjutnya.

“Tetapi mereka tampaknya, salah paham dengan saya, tetapi ya nggak apa-apa. Setelah kejadian ini kan mereka tahu mengapa saya menghindar,” imbuhnya.

“Supaya jangan melibatkan orang lain, jadi itu semua kita sudah tahu dan ini memang kita doakan, yang saya lakukan semua lakukan, setiap malam saya berdoa kok saya jadi anak Tuhan, saya evaluasi kalau ada yang salah,” lanjutnya.

Di sisi lain, Polri telah menetapkan Joseph Paul Zhang alias Shindy Paul Soerjomoelyono sebagai tersangka, atas dugaan penistaan agama

“Iya sudah (tersangka), kemarin,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono, Selasa (20/4/2021), dilansir Divisi Humas Polri.

Brigjen Rusdi menyebut, Jozeph Paul Zhang menjadi tersangka karena diduga melakukan ujaran kebencian melalui video di YouTube.

Selain itu, Jozeph juga melontarkan sejumlah kalimat yang bersifat penodaan agama.

“Ujaran kebencian dan penodaan agama,” ucapnya.*