Dawainusa.com – Pada Selasa (19/5/2020) pemerintah mengumumkan penambahan tiga kasus baru di Kota Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Ketiganya merupakan transmisi lokal di tiga kelurahan di ibu kota provinsi berbasis kepulauan itu.

Transmisi lokal merupakan kasus infeksi yang terjadi antar masyarakat, hanya melibatkan masyarakat. Keberadaan virus sudah tersebar di tengah masyarakat lokal itu sendiri, sehingga seorang bisa terinfeksi tanpa harus bepergian ke luar wilayah atau beretemu dengan orang asing dari luar wilayahnya.

Baca juga: Kasus Positif Covid-19 di NTT Tersebar di 10 Kabupaten/Kota

“Ada tiga kasus baru COVID-19 di Kota Kupang, semuanya merupakan transmisi lokal, sehingga sudah empat kelurahan dari sebelumnya satu kelurahan yang memiliki kasus positif COVID-19 di Kota Kupang,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Timur, Dominikus Minggu Mere kepada wartawan di Kupang, Selasa (19/5).

Diketahui, tiga orang tersebut berasal dari kelurahan berbeda di Kota Kupang yakni Oepoi, Bakunase dan Oesapa. Ketiganya juga belum diketahui dengan siapa mereka melakukan kontak, termasuk pasien corona yang meninggal pada 12 Mei 2020 malam.

Hingga saat ini ada empat kelurahan yang telah memiliki kasus positif COVID-19 di Kota Kupang yaitu Kelurahan Nunleu, Kuanino, Tuak Daun Merah (TDM) dan Oesapa.

Lakukan Penelusuran

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, Retnowati mengatakan, tim gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 Kota Kupang sedang melakukan penelusuran terhadap kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di empat kelurahan yang telah terpapar positif COVID-19.

Menurut dia, Dinas Kesehatan Kota Kupang dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 akan terus berusaha mengidentifikasi semua orang yang pernah berkontak erat dengan pasien.

Baca juga: Ini Perubahan Jadwal Liburan dan Cuti Lebaran 2020 Terbaru

Hal ini dilakukan untuk mendapatkan data valid sehingga dapat dilakukan pemeriksaan kesehatan lanjutan guna memutus rantai penularan COVID-19 di daerah tersebut.

Kota Kupang saat ini memiliki 18 pasien positif COVID-19 terdiri dari dua kluster yaitu kluster Sukabumi, Jawa Barat sebanyak sembilan orang dan delapan lainnya merupakan transmisi lokal, sedangkan satu pasien positif lainnya tertular COVID-19 saat berada di Jakarta.*