Masyarakat Satarmese Utara Diminta Aktif Awasi Pemilu 2019

Masyarakat Satarmese Utara Diminta Aktif Awasi Pemilu 2019

RUTENG, dawainusa.com – Masyarakat Kecamatan Satarmese Utara, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT) diminta aKtif melakukan pengawasan proses pemilu 2019 mengingat terbatasnya jumlah personel pengawas pemilu.

Demikian disampaikan Ketua Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Satarmese Utara, Giovan Melianus Ontas, di sela-sela Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif di Langke Majok, Manggarai, Rabu (19/12).

Baca jugaASN NTT Diwajibkan Pakai Sabun Daun Kelor Mulai 2019

Ontas dalam sambutannya saat membuka acara tersebut mengatakan, kunci sukses penyelenggaraan pemilu 2019 ini bukan hanya tugas penyelenggara baik Panwas maupun KPU.

“Jumlah personil panwas dari tingkat Kabupaten hingga di Desa sangat terbatas jumlahnya. Jumlah yang mengawas tidak sebanding dengan jumlah pengawas,” kata Ontas.

Karena keterbatasan jumlah personel pengawas pemilu, dia melanjutkan, keterlibatan masyarakat dalam melakukan pengawasan setiap proses dalam pemilu 2019 ini sangat dibutuhkan.

“Dengan kondisi seperti ini, masyarakat diminta harus aktif melakukan pengawasan membantu tugas kami. Dalam kegiatan ini, kami mengundang para kepala desa, tokoh masyarakat, toko muda, serta pemilih pemula untuk bersama-sama melakukan pengawasan setiap proses pemilu di tempat masing-masing,” tandasnya.

Baca jugaPrabowo: Kalau Kita Kalah, Indonesia Bisa Punah

Dia berharap, penyelenggaraan pemilu tahun 2019 tingkat Kecamatan Satarmese Utara dapat berjalan aman dan tertib seperti pada pemilu sebelumnya.

Masyarakat Harus Jadi Garda Terdepan

Senada dengan Ketua Panwascam, Camat Satarmese Utara Alo Jebaru, meminta masyarakat menjadi garda terdepan dalam melakukan pengawasan pemilu.

Menurut Alo, dengan personel Panwascam yang terbatas, masyarakat harus menjadi garda terdepan dalam tugas pengawasan pemilu.

“Kita diharapkan menjadi garda terdepan untuk menjaga keamanan Pemilu 2019. Peran kita bantu Panwas melakukan pengawasan. Saya harap kita semua disini untuk membantu mereka. Membantu panwas, membantu polsek, membantu camat,” kata Jebaru.

Baca jugaUjaran Viktor Laiskodat, Apakah Sebatas Omong Besar?

Dia juga meminta para ASN, termasuk kepala-kepala Desa, harus netral dalam melakukan pengawasan sehingga penyelenggaraan pemilu 2019 di Satarmese utara dapat berjalan aman dan damai.

“Saya juga minta para ASN harus netral. Tidak boleh ASN jadi kaki tangan dari calon atau kandidat tertentu,” tegasnya.

Dalam sosialisasi tersebut, turut hadir Ketua Panwas Kabupaten Manggarai Marselina Laurensia, Kapolsek Satarmese Gabriel M Taek, serta para Kepala Desa di Kecamatan Satarmese Utara.*

COMMENTS