dawainusa.com Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo megapresiasi sejumlah mahasiswa NTT yang sedang kuliah di Semarang karena memilih untuk tidak pulang ke daerahnya masing-masing di tengah pandemi covid-19.

Menurut Ganjar, sejumlah mahasiwa yang berasal dari daratan Flores dan Timor itu telah mengedukasi dan memberi contoh yang baik kepada masyarakat.

Baca juga: NTT Relatif Aman Corona, Doni Monardo Apresiasi Langkah Pemprov

“Kawan-kawan dari NTT Selamat, kalian Top, Kalian Tidak Pulang, dan mengedukasi memberikan contoh kepada seluruh saudara-saudara kita, teman-teman kita dengan cara dan sikap yang benar. Sehat terus ya,” ungkap Ganjar dalam akun YouTube Ganjar Pranowo yang dipublikasikan tanggal 22 April 2020.

Dukung Penggalangan Dana Mahasiswa NTT

Politisi PDIP itu juga mendukung kegiatan penggalangan dana para mahasiswa NTT di Semarang tersebut untuk menangani wabah virus corona.

Mereka sudah melakukan aksi selama lima hari untuk mengumpulkan dana, masker dan semua yang berkaitan dengan pandemi.

Baca juga: Siapa Lukman Prananto yang Banyak Dicari Netter Itu?

“Kita dukung gerakan kawan-kawan. Semua tidak ada hanya sekedar urusan materi, urusan masker, bukan. Ada edukasi yang lebih penting bahwa seluruh masyarakat di Indonesia, di dunia termasuk di NTT semuanya harus menjadi tentara garda terdepan,” katanya.

Menurutnya, persoalan pandemi ini mesti diselesaikan secara bersama. Harus ada kesadaran diri bahwa virus corona adalah musuh bersama. Karena itu, jangan hanya mengharapkan tenaga medis untuk menangani wabah ini, tetapi butuh keterlibatan bersama.

“Jangan berikan garda terdepan hanya kepada para tenaga medis. Garda terdepan tentaranya adalah kita sendiri,” tegasnya.

Selain itu, pola hidup sehat seperti berolahraga dan makan vitamin, juga menjadi perhatian gubernur Jawa Tengah dua periode itu.

“Senjata kita adalah sabun, senjata kita adalah air mengalir, senjatata kita adalah masker, kelakuan kita adalah jaga jarak. Kemudia selalu hidup sehat, berolahraga makan vitamin,” katanya.

Jamin Kebutuhan Pokok Mahasiswa

Sebelumnya diberitakan, Ganjar menjamin tersedinya kebutuhan pokok para mahasiswa dari berbagai daerah yang tetap tinggal di beberapa asrama di Kota Semarang saat pandemi virus corona.

“Insya Allah kami bantu sembakonya agar mereka tetap bisa belajar dengan nyaman, orang tua tenang, keluarga tidak khawatir. Saya pastikan dapurnya mereka memang tetap ngebul,” kata Ganjar beberapa waktu lalu seperti dilansir Antara.

Baca juga: Doni Monardo: NTT Jadi Daerah Prioritas Pendistribusian Reagen

Ganjar mengatakan bahwa bantuan berupa beras, minyak goreng, telur, mi instan, buah-buahan, kemudian multivitamin, makanan siap saji, cairan penyanitasi tangan, masker sampai peralatan olahraga akan dikirim Pemprov Jateng ke asrama-asrama mahasiswa.

Orang nomor satu di Pemprov Jateng itu juga mengapresiasi pilihan para mahasiswa yang tetap bertahan di tempat kuliah dan tidak pulang ke kampung halaman masing-masing saat pandemi COVID-19 seperti saat ini.

Ganjar menyebut ada mahasiswa yang masih bisa mencukupi kebutuhan kesehariannya, namun ada pula mahasiswa yang memerlukan bantuan dari pihak lain.

“Yang pertama saya cek adalah dapurnya, saya memastikan saja mereka tidak repot untuk soal makanan, kebutuhan sehari-hari. Insya Allah jika itu tercukupi, aktivitas lain tinggal jalan saja, ini anaknya mandiri-mandiri dan keren,” ujar Gubernur Ganjar.

Selain Asrama Mahasiswa Aceh, Ganjar juga mengunjungi Asrama Mahasiswa Makassar di daerah Bulustalan, Asrama Mahasiswa Maluku di Lempongsari, Asrama Mahasiswa Lampung, Palembang, dan Kalimantan Barat di Bendan Ngisor.

Dalam kunjungan tersebut, Ganjar juga menanyakan aktivitas keseharian yang dijalani para mahasiswa selama menjalani masa pembatasan fisik untuk mengantisipasi meluasnya penyebaran COVID-19.

“Kebanyakan dari mereka memilih kegiatan tradisi daerah masing-masing. Karena tidak bisa terlepas dari kopi, ‘ngopi’ (minum kopi, red) jadi pilihan utama mahasiswa asal Aceh, sementara untuk mahasiswa Maluku lebih memilih menghabiskan waktu sambil bernyanyi,” katanya.

Kepala Daerah Beri Apresiasi

Sejumlah kepala daerah mengapresiasi tindakan Ganjar Pranowo yang menjamin tersedianya kebutuhan pokok para mahasiswa dari berbagai daerah yang tetap tinggal di beberapa asrama di Kota Semarang saat pandemi virus corona jenis baru (COVID-19).

“Terima kasih mas @ganjarpranowo atas perhatiannya pada anak-anak kami di sana, suatu kehormatan sekali bagi kami di sini….semoga kerja sama ini membawa kebaikan bagi kita semua..kirim salam saya untuk anak2 kami disana, tetap sehat dan jaga nama baik kita orang Sumut ya,” kata Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi melalui akun media sosial Instagram dan Twitter dengan nama akun @RahmayadiEdy saat diakses dari Semarang, Minggu (20/04).

Selain Edy Rahmayadi, wakilnya pun turut menyampaikan apresiasi lewat unggahan di akun instagramnya.

Tanggapan lain juga diberikan Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah, bahkan Bupati Landak, Kalimantan Barat, Karolin Margret Natasa turut mengungkapkan terima kasih.

“Pak @ganjar_pranowo , terimakasih sudah menengok anak-anak kami yang berada di jateng,” demikian kalimat yang disampaikan Bupati Karolin di akun instagramnya dr_karolin.g.*