Bumikan Pancasila, Lemhannas Bakal Sasar Kaum Milenial
Gubernur Lemhannas RI, Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo/Ist

Dawainusa.com – Kaum milenial akan menjadi sasaran dalam membumikan nilai-nilai Pancasila di masa yang akan datang.

Hal ini diungkapkan Gubernur Lemhannas RI, Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo di Kantor Lemhannas RI, Jakarta, Selasa (1/6/2021).

Dalam pernyatannya, ia mengingatkan, Pancasila di tengah arus globalisasi ini harus menginjak bumi agar maknanya lebih mendalam bagi para generasi milenial.

Gubernur Lemhannas RI
Gubernur Lemhannas RI/Ist

Baca jugaRisma Minta Jajarannya Perkokoh Pengamalan Nilai-nilai Pancasila

Lemhannas Ungkap Tantangan Membumikan Pancasila 

Agus mengungkapkan, membumikan Pancasila kepada generasi milenial adalah tantangan ke depan, karena mereka lebih dekat dengan dunia teknologi ketimbang generasi sebelumnya.

“Anak-anak milenial ini sudah pintar berselancar ke dunia maya mencari literasi dan sudah punya pikiran sendiri untuk masa depan mereka. Maka, apa yang bisa diperbaiki pada generasi sebelumnya dan memberikan pegangan pada generasi milenial adalah tantangan bersama seluruh bangsa,” ungkapnya.

Dulu, Agus menyampaikan, semua siswa mampu menghafal Pancasila, UUD 1945 dan menyanyikan lagu kebangsaan. Di era itu, menurut Agus, nilai-nilai kebangsaan sudah digaungkan, berbeda dengan era saat ini.

Oleh karena itu, menurut Agus, Lemhannas terpanggil untuk mendekatkan anak milenial dengan nilai-nilai kebangsaan tersebut, terutama Pancasila.

“Caranya mengajak ngobrol dengan mereka melalui daring dan mempertemukan anak milenial dari seluruh Indonesia. Karena anak milenial umumnya dekat dunia digital, maka pendekatannya pun melalui era digital,” ujarnya.

Baca jugaWagub NTT Harap Warga Terus Jaga Kerukunan Hidup Beragama

Agus mengatakan, pihaknya ingin berinteraksi langsung dengan anak-anak milenial terkait apa dan bagaimana sebenarnya yang ada di benak mereka tentang Pancasila, apakah sama dengan generasi lanjut usia. Jika berbeda, bagaimana menjembataninya.

“Salah satu strategi menanamkan nilai-nilai Pancasila melalui ‘Gebyar Wawasan Kebangsaan’ #GueCintaPancasila yang akan digelar Lemhannas RI bekerjasama dengan MNC Portal Indonesia (MPI),” katanya.

Acara yang akan dihelat pada Rabu (2/6/2021) sekitar pukul 09.00-12.00 WIB tersebut akan menghadirkan narasumber, di antaranya Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo, sejarawan Anhar Gonggong dan Digital Creator Social Media Influencer Sherly Annavita Rahmi.

“Acara ini digelar bersamaan dengan peringatan Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap 1 Juni. Dengan kegiatan bersifat gebyar dan besar, Lemhannas ingin gaungnya mampu menerobos sendi-sendi kehidupan setiap anak bangsa yang mendengarnya,” ungkap Agus.

Agus menyampaikan, kegiatan itu juga diharapkan mampu membangkitkan semangat generasi milenial untuk terus berkarya demi masa depan Indonesia, sehingga generasi milenial mampu memperkokoh NKRI dalam menghadapi segala bentuk tantangan, ancaman, hambatan dan gangguan persaingan global untuk ketahanan nasional.

Melalui webinar ini, lanjut Agus, diharapkan juga bisa mengetahui apa saja peluang yang dapat dimanfaatkan oleh generasi muda dalam mensosialisasikan nilai-nilai Pancasila di era digital dan globalisasi.

“Semua komponen bangsa diharapkan juga memahami apa saja ancaman atau kendala generasi muda mensosialisasi nilai-nilai Pancasila menghadapi era digital dan globalisasi. Selain itu, mengetahui bagaimana strategi meningkatkan peran generasi muda menghadapi ancaman Pancasila di era digital dan globalisasi,” ujarnya.

Sekadar informasi, acara tersebut digelar secara gratis. Bagi masyarakat yang mau mendaftar bisa langsung klik Link pendaftaran di http://bit.ly/WebinarGuePancasila.*