Layani Wisatawan di Labuan Bajo, Pemerintah Siapkan KMP Komodo

Layani Wisatawan di Labuan Bajo, Pemerintah Siapkan KMP Komodo

LABUAN BAJO, dawainusa.com – Sekretaris PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Imelda Aliani mengatakan, pemerintah telah menyediakan KMP Komodo untuk melayani wisatawan yang akan berkunjung menikmati Labuan Bajo dan Taman Nasional Komodo.

KMP Komodo tersebut merupakan kapal milik BUMN yang bergerak dalam jasa angkutan penyeberangan dan pengelola pelabuhan. Imelda sendiri menjelaskan, sejauh ini, potensi wisata di Labuan Bajo sudah berkembang cukup pesat.

Hal ini, demikian Imelda, bisa dilihat dari arus wisatawan ke Kabupaten Manggarai Barat tersebut. Karena itu, untuk menjwab hal tersebut, perlu angkutan penyeberangan yang memadai agar wisatawan mendapat pelayanan yang baik.

Baca juga: Dinas Pariwisata Dorong Pengadaan Kapal Cepat Labuan Bajo-Sumba

“Pengoperasian kapal wisata Komodo ini semata-mata untuk meningkatkan arus kunjungan wisatawan ke TNK serta Labuan Bajo, ibu kota Kabupaten Manggarai Barat yang eksostik itu,” kata Sekretaris PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Imelda Aliani dilansir Antara, Jumat (7/8).

Ia juga mengatakan, daya Taman Nasional Komodo dan tempat wisata yang berada di sekitarnya membuat wisatawan tertarik untuk berkunjung ke sana.

Imelda menerangkan, baik wisatawan mancanegara maupun wisatawan lokal mempunyai minat yang tinggi untuk menikmati berbagai tempat wisata di Labuan Bajo. Dengan demikian, pemerintah perlu mengantisipasi terkait dengan kebutuhan pelayanan wisatawan tersebut.

KMP Komodo Jangkau Tiga Tempat Wisata

Rencananya KMP Komodo akan melintasi beberapa titik strategis tempat wisata di sekitar Taman Nasional Komodo. Adapun ketiga titik strategis yang telah ditentukan itu ialah Pulau Padar, Pulau Komodo, dan Pantai Pink (Pink Beach).

Menurut Imelda, KMP Komodo merupakan jenis kapal pesiar. Penyedian kapal tersebut bertujuan untuk membantu Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, karena selama ini mereka masih mengalami kendala soal transportasi laut bagi wisatawan.

Baca juga: Kemenko Kemaritiman Akan Percepat Realisasi BOP di Labuan Bajo

Adapun target dari KMP Komodo ialah pilihan untuk transportasi masyarakat kelas menengah ke bawah, baik domestik maupun internasional. Selain itu, KMP Komodo juga dapat membantu masyarakat Manggarai Barat yang tinggal di pulau kecil dan memiliki kendala soal transportasi.

Kapal KMP Komodo, lanjut Imelda, memiliki kapastitas dengan daya muat 84 penumpang. Kapal itu dilengkapi dengan fasilitas ruang karaoke, mini bar, smoking area, tempat berjemur, reclining seat, dan lazy chair.

Selain itu, kapal wisata ini juga akan dijadwalkan melayani kebutuhan dari wisatawan setiap hari. Dengan demikian, mereka akan melihat dari dekat obyek-obyek wisata yang ada di Taman Nasional Komodo.*