Latih Timnas, Gaji Luis Milla Selevel dengan Pelatih Piala Dunia

Latih Timnas, Gaji Luis Milla Selevel dengan Pelatih Piala Dunia

JAKARTA, dawainusa.com Kabar mengenai estafet kepemimpinan pelatih tim nasional sepakbola Indonesia masih simpang siur.

Luis Milla sampai sekarang belum memperpanjang kontraknya di timnas dan masih berada di luar negeri. Apakah persoalan gaji menjadi hal yang utama?

Melansir CNNIndonesia.com, gaji Milla sebenarnya tidak kecil. Ia mendapatkan gaji yang cukup tinggi di Indonesia. Sejumlah sumber mengatakan, gajinya bahkan setara dengan pelatih dunia yang bekerja untuk tim piala dunia 2018.

Baca juga: Prabowo Janji Pulangkan Rizieq, Fadli Zon: Demi Tegaknya Keadilan

Nilai kontrak Milla sebagai pelatih tim nasional Indonesia setahun sebesar Rp34 miliar. Total pendapatan ini didapatinya setelah bersih dari pajak.

Dengan gaji sebesar ini, posisi Milla tidak jauh berbeda dengan pelatih besar lain seperti Didier Deschamps yang memenangkan piala dunia 2018 bersama tim Prancis.

Milla juga setara dengan pelatih Adenor Leonardo Bacchi yang sering dipanggil Tite saat melatih Tim Nasional Brasil pada Piala Dunia 2018 kemarin. Dengan gaji sebesar itu, posisi Milla bahkan di atas Gareth Southgate, manajer tim nasional Inggris.

Bersama tim nasional Inggris, Southgate mengantongi Rp32 miliar, terpaut dua miliar dari Milla. Sekalipun digaji besar, Milla gagal mempersembahkan juara bagi Indonesia di dua ajang besar seperti SEA Games 2017 dan Asian Games 2018.

Di SEA Games 2017, tim nasional Indonesia gagal meraih medali emas, sedangkan di Asian Games 2018, Indonesia gagal menempati posisi keempat besar. Namun, kegagalan tersebut tidak menunjukkan kualitas kepelatihan Milla yang buruk. Ia dinilai membawa progres yang baik bagi timnas.

PSSI sudah meminta konfirmasi pada agen Milla

Sekalipun PSSI awalnya berniat untuk memperpanjang kontrak Luis Milla tanpa mengurangi besar gaji, opsi untuk mencari pelatih lain sepertinya tengah dipikirkan. Salah satu persoalannya adalah besaran gaji Milla yang dianggap PSSI terlalu besar.

PSSI sudah meminta konfirmasi pada agen Milla, namun sampai sekarang belum ada respons dari mereka. Dalam kontrak baru yang diajukan PSSI, harga kontrak diturun dari nominal sebelumnya, lantaran Milla dianggap tidak membawa timnas ke semifinal Asian Games 2018.

Baca juga: Prabowo Subianto Ungkap Strategi Lengserkan Ahok

Sekalipun sudah menurunkan nominal, nilai tersebut masih dianggap mahal. Karena belum mendapatkan respon positif dari Milla terkait proposal baru tersebut, PSSI mengambil keputusan untuk menggelar rapat terkait hal tersebut.

Keputusan PSSI terkait pelatih tim nasional Indonesia sangat penting, mengingat waktu turnamen terdekat, Piala AFF 2018, terbilang sudah mepet. Turnamen tersebut akan dimulai pada 8 November hingga 15 Desember.

Bima Sakti (asisten pelatih Tim Nasional Indonesia), Widodo Cahyono Putro (Pelatih Bali United), Rahmad Darmawan, hingga Simon McMenemy (Pelatih Bhayangkara FC) sudah masuk dalam daftar pilihan PSSI untuk menggantikan posisi Luis Milla. Siapa yang akan terpilih, mari ditunggu pengumuman terbaru PSSI.*