Kylian Mbappe, Bintang Muda yang Bersinar di Piala Dunia 2018

Kylian Mbappe, Bintang Muda yang Bersinar di Piala Dunia 2018

Di dunia sepak bola, Mbappe mulai terkenal pada usia dini ketika memulai karirnya saat membintangi akademi muda di AS Bondy, INF Clairefontaine, dan Monaco. (Foto: Kylian Mbappe - ist)

PROFIL, dawainusa.com Nama Kylian Mbappe hampir tidak terlalu familiar di dunia para pencinta bola. Selain karena usianya yang masih belia, tetapi juga karena karirnya di dunia sepak bola belum terlalu menonjol jika dibandingkan dengan raja sepak bola tersohor seperti Cristian Ronaldo, Leonel Messi, Neymar dan bintang sepak bola lainnya.

Namun akhir-akhir ini, kiprahnya di dunia sepak bola mulai bersinar saat mampu menekukan lawannya Argentina pada babak 16 besar dalam ajang Piala Dunia di Stadion Kazan-Rusia pada Sabtu malam, 30 Juni 2018.

Siapakah Kylian Mbappe? Pria hitam manis berambut kriting dengan nama lengkap Kylian Mbappe Lottin ini lahir di Paris, Perancis 19 tahun silam, tepatnya pada tanggal 20 Desember 1998. Ayahnya Wilfried berasal dari Kamerun dan menjadi agennya adalah pelatih sepak bola.

Baca juga: Ronaldinho, ‘Seniman’ Sepak Bola Brasil Akhirnya Gantung Sepatu

Sementara ibunya Fayza Lamari berasal dari Aljazair adalah seorang mantan pemain handball. Adik angkatnya, Jirès Kembo Ekoko juga seorang pemain sepak bola profesional. Mbappe juga memiliki seorang adik laki-laki bernama Adeyemi Mbappe.

Karir Mbappe di Dunia Sepak Bola

Di dunia sepak bola, Mbappe mulai terkenal pada usia dini ketika memulai karirnya saat membintangi akademi muda di AS Bondy, INF Clairefontaine, dan Monaco. Klub terakhir ini membuat debutnya sebagai seorang pemain profesional untuk tim cadangan.

Pada musim 2015-2016, Mbappé membuat debut pertama bersama Monaco pada tanggal 2 Desember 2015 pada Ligue 1 di pertandingan melawan SM Caen, dengan hasil imbang 1-1 usai mengganti Fábio Coentrão setelah 88 menit.

Baca juga: Mantan Legenda AC Milan Menangkan Pemilihan Presiden Liberia

Dengan demikian, ia menjadi pemain Monaco termuda yang pernah bermain pada usia 16 tahun 347 hari dan menghapus rekor Thierry Henry 21 tahun sebelumnya.

Pada 20 Februari 2016, Mbappé mencetak gol pertamanya untuk klub Monaco. Gol di perpanjangan waktu dalam laga kandang Ligue 1 membawa kemenangan 3-1 atas Troyes pada usia 17 tahun, 62 hari.

Ia menjadi pemain termuda tim pertama yang mencetak gol di sejarah klub Monaco, dan sekali lagi menggusur rekor Henry. Pada tanggal 6 Maret 2016, Mbappé menandatangani kontrak profesional pertamanya, selama tiga tahun, mengikat dia bersama AS Monaco sampai Juni 2019.

Pada 14 Desember 2016, Mbappé mencetak gol hat-trick pertamanya dalam karier tim mengalahkan Stade Rennais 7-0 di Coupe de la Ligue dalam babak 16 besar di Stade Louis II. Ini adalah hat-trick pertama yang dicetak oleh pemain Monaco dalam kompetisi sejak Sonny Anderson pada tahun 1997.

Selanjutnya pada tanggal 31 Agustus 2017, Paris Saint-Germain mengumumkan penandatanganan kontrak Mbappé dari Monaco dengan status pinjaman. Biaya yang diperlukan untuk full transfer berikutnya telah ditetapkan sebesar €145 juta plus €35 juta pada kontak tambahan. Hal ini berpotensi membuatnya menjadi pemain kedua paling mahal, setelah rekan setimnya Neymar.

Pada bulan Maret 2017, Mbappe dipanggil pertama kalinya ke skuat tim senior Perancis untuk pertama kalinya mnghadapi Luksemburg dan Spanyol. Dia melakukan debut pertama pada 25 Maret 2017 melawan mantan juara, menggantikan Dimitri Payet pada menit ke-78 saat menang 3-1 kualifikasi Piala Dunia FIFA 2018.

Mbappe di Piala Dunia 2018

Dengan demikian, ia menjadi pemain termuda kedua (hanya di belakang Maryan Wisnieski) yang pernah membela tim nasional Prancis pada usia 18 tahun, tiga bulan dan lima hari. Pada tanggal 31 Agustus 2017, Mbappé mencetak gol pertamanya bersama timnas senior, dalam pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2018 melawan Belanda.

Pemain berumur 19 tahun itu sendiri memang sudah tampil apik sejak awal musim ini. Bersama klub Prancis, Paris Saint-Germain, ia membukukan total 21 gol dalam 46 pertandingan serta menciptakan 16 assist di semua kompetisi.

Baca juga: Mengenang Dolores, Pelantun Zombie yang Meninggal Tiba-Tiba

Mbappe tidak hanya mendatangkan kemenangan bagi Las Bleus dalam pertandingan melawan Peru, tetapi juga menjadi bintang di Piala Dunia 2018 setelah dua kali membobol gawang Argentina pada menit ke-64 dan ke-68 yang dikawal oleh Franco Armani.

Berkat itu, serta dua gol lainnya yang dicetak Benjamin Pavard di menit ke-57 dan Antoine Griezmann dari titik putih pada menit ke-13, Les Bleus berhasil menang dengan skor 4-3.

Seni bermain bintang muda Las Bleus ini sontak mengundang decak kagum dan pujian dari para legenda sepak bola seperti Pelle.

“Selamat, Kylian Mbappe. Mencetak dua gol di Piala Dunia pada usia muda membawa Anda ke tempat yang hebat! Semoga sukses untuk pertandingan anda yang lain. Kecuali melawan Brasil!” demikian tulis Pelle dalam akun twitternya.* (Erby Bitan)